Tips Miliki Keuangan Sehat Supaya Bisa Meraih Mimpi Bareng FUNancial Home Credit

Tips Miliki Keuangan sehat funancial home credit

Hai semuanya, bagi kalian yang follow instagram aku pasti tau, kalau aku setiap hari suka share info diskonan dengan tagar #AulRacunDunia. Kadang, info diskon yang aku berikan itu memang menggugah selera kamu untuk terus belanja, apalagi setiap hari pasti ada aja diskonan. Tapi, kalau belanja terus dan gak kekontrol, apa kamu masih ada uang untuk tabungan untuk impian kamu? Kalau aku punya impian yang pengen banget aku raih. Makanya aku suka tahan-tahan sama info diskon yang aku share sendiri, karena aku enggak mau sampai…..

Punya keuangan yang tidak sehat. Apalagi uang yang aku miliki malah lari ke hal yang sebenarnya tidak aku perlukan. Yaaaa sebagai manusia dan perempuan tentu terkadang aku khilaf, tapi pas kemarin ikut FUNancial #YangKamuMau Show Me The Money: Smart Financial Moves to Achieve Your Goals bareng Indonesia Female Bloggers (23/11/2019) aku dapetin banyak banget ilmu dan hal-hal yang seharusnya aku lakukan untuk meraih mimpi aku dengan cara yang rasional dan mempersehat keuangan.

Tips Miliki Keuangan sehat

Karena percaya atau engga, keuangan tuh aspek yang terpenting dalam kehidupan, tapi kita lalai ngaturnya. Sering banget keluar kata-kata,

Gimana nanti ajalah

Padahal, kalimat itu enggak tepat dan enggak bijak banget. Kalau kita mengeluarkan kalimat itu, artinya kita enggak punya rencana untuk masa depan. Memang, masa depan itu enggak ada yang tau gimana, tapi akan lebih baik kalau kita punya rencana supaya kalau terjadi sesuatu kita bisa menanaganinya dengan baik tanpa pusing.

Sebenarnya keuangan yang enggak sehat ini memang bukan hal yang aneh di Indonesia, soalnya menurut data dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) lebih dari 70 persen masyarakat indonesia tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Apalagi milenial, males banget ngurusin keuangan, karena punya prinsip YOLO (You Only LIve Once). Untuk belajar mengenai keuangan aja kadang males, karena ngebosenin kadang. Maka dari itu, Home Credit Indonesia mengadakan talk show FUNancial. Sesuai namanya, talk show ini membicarakan tentang keuangan tapi dibawakan dengan cara yang FUN (seru, menarik, lucu, interaktif, dan lain sebagainya). Padahal kalau kita punya keuangan yang sehat, kita akan lebih mudah meraih mimpi Yang Kamu Mau.

Baca juga: Di Tabungan Online SOBATKU Mau Nabung Malah Untung. Kok Bisa?

Tentang Home Credit Indonesia

Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan multiguna yang berasal dari Ceko dan hadir di Indo sejak 2013. Home Credit merupakan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi. Misi Home Credit adalah, membantu mewujudkan impian masyarakat, bukan untuk rumah melainkan barang-barang lain untuk mengisinya seperti elektronik, furnitur, dan lainnya.

Kiat Meraih Mimpi

Financial Planner dan Co-Founder HAHAHA Corp Dipa Andika dan Founder belowcepek.com Riana Bismarak yang saat itu jadi pembicara membagikan kiat-kiat mereka untuk meraih mimpi yang bisa kita tirukan. Nah cara-caranya, yaitu:

  • Miliki Mimpi yang Masuk Akal

mimpi emang gratis sih, siapa pun boleh bermimpi yang mau kayak gimana juga. Tapi, kalau kalian mau mimpi itu bukan jadi sekedar angan-angan, miliki mimpi yang rasional dan masuk akal sesuai kondisi yang kalian miliki. Misal, ada orang yang baru kerja dengan gaji UMR (Upah Minimum Regional) Jakarta, tahun depan mau punya rumah rumah di Pondok Indah yang harganya 30 Milliar. Kan kejauhan gitu, mimpi ini bukannya enggak mungkin kalau penghasilan kamu tinggi, ya.Β Kalau nanti pernghasilan kamu sudah besar, kondisi kamu sudah berbeda kamu boleh mengubah mimpi kamu atau menambah mimpi yang lain untuk menyemangati kamu bekerja.

  • Miliki Mimpi yang Spesifik

Kedua pembicara setuju kalau punya mimpi jadi ‘orang sukses’ itu sangat-sangat cliche atau abu-abu atau enggak jelas. Masalahnya arti sukses untuk setiap orang itu beda-beda banget. Maka dari itu, mimpi yang spesifik supaya kamu juga menata strategi untuk mencapai itu mudah.

Tips Miliki Keuangan sehat
source: IFB
  • Lakukan Aksi untuk Mencapainya

Kalau kamu engga ada aksi, mimpi akan jadi angan-angan aja. Maka dari itu, atur strategi gimana caranya kamu bisa mencapai titik itu, tapi jangan lupa proses itu enggak bisa di diskon. Kalau menurut Kak Riana, hargai proses.

  • Rencanakan Keuangan

Naini penting, untuk meraih mimpi kamu kan punya strategi untuk mencapainya. Lewat perencanaan yang ada kamu akan lebih siap menjalani dan meraih mimpi kamu. Walau menurutmu sekarang penghasilan pas-pasan, sudah waktunya sekarang kamu merencanakan keuangan dan miliki keuangan yang lebis sehat.

Menurut pengalaman Kak Riana, saat itu dirinya merupakan pegawai kantoran yang ingin membuka usahanya sendiri. Untuk mewujudkannya, Kak Riana menyisihkan gajinya ke tabungan dana darurat untuk hidup di awal-awal pembangunan usahanya. Coba deh bayangin, kalau Kak Riana enggak punya dana darurat, mungkin di tahun pertama beliau akan menggunakan keuntungan usahanya yang belum seberapa untuk pribadi. Bukannya usahanya berkembang, justru keuntungan habis untuk pribadi kan?

Baca juga: Cara Pintar Proteksi Diri Serta Berinvestasi

Tips Miliki Keuangan Sehat dan Merencanakan Keuangan

1. Mencatat

untuk punya keuangan yang sehat kamu harus tau, uang kamu tuh keluar buat apa aja sih. Maka dari itu perlu banget mencatat cash flow atau keluar masuk uang yang kamu miliki. Kalau repot tulis tangan boleh bikin di excel, atau sekarang juga udah ada aplikasi pencatat keuangan di smartphone kok. Nah setelah mencatat, kamu akan tau uang kamu keluar paling banyak ke mana.

Biasanya, selain cicilan, kebutuhan pribadi, dan ngasih uang buat orang tua. Salah satu pengeluaran terbesar biasanya, membeli barang yang engga penting atau kamu mengulangi latte factor.Β 

Latte factor itu adalah pengeluaran dalam jumlah kecil tapi dilakukan berulang, sehingga kalau dihitung jadinya besar. Misalnya, kopi harganya Rp20.000, setiap hari beli satu gelas.

Rp20.000 x 25 (hari kerja) = Rp500.000 /bulan

Rp500.000 x 12 = Rp6.000.000 /tahun

Kalian ngeluarin 6 juta pertahun untuk kopi guys, ga nyangka ya? coba uangnya kalian masukin tabungan, reksadana, atau saham pasti malah makin banyak. Umumnya 90% orang Indonesia ini, mengeluarkan 900ribu/bulan untuk pengeluaran kecil. Kalau sudah ketauan nih pengeluaran ke mana aja, kamu jadi tahu apa aja yang harus dikurangi.

Setelah itu kamu bisa mengelompokkan dan menyisihkan uang di awal saat gajian, misal 30% investasi, 10% dana darurat/asuransi,10% pribadi, dan 50% pengeluaran rutin. JANGAN TUNGGU SISA GAJI!

2. Pisahkan Tabungan

Selesai mencatat, kan kamu sudah tau nih, berapa untuk investasi, berapa untuk pengeluaran rutin, berapa untuk pribadi. Supaya uangnya enggak kecampur dan enggak keambil untuk pengeluaran pribadi. Sangat disarankan untuk memiliki akun tabungan yang berbeda dengan jumlah 2-3.

3. Siapkan Dana Darurat

Ini yang sering dilewatkan banyak orang. Akupun baru menyadari pentingnya dana darurat belakangan ini guys. Tapi menurut Kak Dipa, dana darurat itu secukupnya aja. Jangan terlalu banyak, alangkah lebih baik kelebihan uang tersebut diinvestasikan saja.

4. Investasi/Proteksi

Mulai investasi dan emncari proteksi jiwa khususnya kamu yang sudah berkeluarga. Proteksi dibutuhkan untuk kenyaman hidup anak-anak ke depannya. Begitu juga investasi, yang ke depannya bisa dimanfaatkan menjadi biaya pendidikan yang semakin lama semakin tinggi atau mencapai mimpi.

Nah itulah dia beberapa tips miliki keuangan yang sehat serta perencanaan keuangan yang bijak. Aku senang banget bisa berpartisipasi di acara FUNancial ini, banyak banget ilmu baru yang aku terima dan tentu aku mau aplikasikan segera supaya keuangan aku juga lebih sehat. FUNancial ini acaranya super fun dan seru banget asli, kak Ucit bener bener lucu, Kak Dipa juga. Jadi ketawa muluk! Belajar jadi engga bosen hihi

 

 

Instagram :Β @awlrw

Facebook :Β Aulia Rizky Wijayanto

Email : arizky@gmail.com

38 Replies to “Tips Miliki Keuangan Sehat Supaya Bisa Meraih Mimpi Bareng FUNancial Home Credit”

  1. thank you udah sharing terkait tips memiliki keuangan sehat, emang sih melek finansial itu penting buat para wanita sebagai pengambil keputusan di keluarga

  2. Diskonan itu memang racun banget, ya. Saya suka tergoda. Apalagi kalau flas sale ‘kan pakai waktu. Jadi berasa harus memutuskan dengan cepat. Harus banyak berubah nih suka bocor alusnya gak semakin banyak hehehe

  3. Aku juga kadang kena racun diskonan kok, harus mulai dikurangi nih biar gak kena Latte Factors πŸ™‚
    PErenacaan keuangan yang baik bisa mewujudkan semua impian kita ya

  4. aku liat ini di IG kmrn, seru ya acaranya πŸ™‚ aku ga sabar pengen daftar buat yang bandung hehehee

  5. tentang mimpi yg spesifik itu bagian yg benar banget deh, dulu aku mimpi punya fortuner ya sebatas mimpi gitu doang, skr punya dong tapi cuman nama doang haha

  6. Perencanaan keuangan ini memang penting yah. Aku tau teorinya tapi prakteknya zonk gitu haha lupa terus.. Memang harus rajin dicatat juga

  7. Nah ini nih bocor alus yg tanpa sadar kkta keluarin. Biasanya jajam2 di mall πŸ€—

  8. Lengkap banget tulisannya mba Aul, makasi sudah sharing infonya ya jadi nambah ilmu ttg financial

  9. Aku nih punya mimpi buat traveling ke mana-mana tapi sampe sekarang masih suka beli barang-barang ga penting yang berujung ga kepake. Wishlist aku menyambut tahun baru ini memang bisa mengelola keuangan dengan baik. Noted buat tips-tipsnya..

  10. Iya benar nih perlu banget rajin dan konsisten mencatat keuangan agar tidak lost semua uang yg masuk dan bisa lebih bijak lagi mengeluarkan nya

  11. Aku langsung mencatat pengeluaran apa aja setelah membaca tulisan ini mba. Hahhha. Dan emang kita harus melek financial deh biar nggak bokek

  12. Memutuskan untuk investasi di usia muda seperti kita menuurtku adalah pilihan yang tepat. Smoga kedepan kita punya keuangan sehat ya mba

  13. Hahaha kalimat “gimana nanti” emang melenakan. Pdahl yang namanya finansial itu sebaiknya direncanakan supaya saat kita butuh sesuatu yg urgent jd gak keteteran dan bingung nyari pinjeman ya (amit2)
    Hahaha iya aku setuju kopi emang mihil, mending ditabung/ reksadana atau klau suka travelig ya beliin tiket #eh πŸ˜€

  14. Baca ada info diskonan jadi pengen intip IGmu Mak. Hahaha. Dasar emak emak. Harus tajan diriii biar gak kalap.

    Kalo diitung kali kalian gitu ya jadi menghembuskan nafas juga. “Gede juga ya pengeluaran kecil.” Eh. 😁😁😁

  15. Penyimpanan dana darurat itu penting banget bebh, kalau masih single berarti dana darurat nya 3x prngeluaran y, kalau gajinya 1jt berarti nyimpennya berapa ya bebh masih binun perhitungannya

  16. Kalimat gimana nanti yang sering menjerumuskan nih, padahal khan ya, kalau kondisi finansial nggak sehat bisa kacau, mesti disiplin lagi nih biar nggak bocor halus

  17. Aku nih gampang banget kena racun beauty influencer apalagi produk baru, ternyata di situ bocor alus terbesarku. Fix gajian bulan ini, lebih detail lagi nyatetnya, makasih ya aulia sharingnyaaaa

  18. Memang investasi diumur sekarang pun wajib bgt buat kita pikirkan,nah dari beberapa tips mencatat adalah hal yg sudah aku lakukan walaupun kadang ada khilaf beph hhi

  19. Aku juga sekarang lagi menerapkan poin no 1, rajin mencatat setiap pengeluaran. Mau beli perintilan seperti sayur yg murah meriah juga aku catet, karena khawatir ada bocor halus.

  20. ngobrolin soal keuangan tuh asik banget deh apalagi buat yg masih single dan berpenghasilan, belum banyak beban beb.

  21. Acaranya kayanya seru banget. Dan infonya sangat bermanfaat. Hal yg ga bisa dihindarin kadang emang godaan diskon sana sini jadi suka khilaf sama pengeluaran. Dan makasih banget skrng jadi tau harus melakukan perwncanaan keuangan sperti apa. ^^

  22. Suka banget dengan materi yang membahas tentang mimpi apalagi disangkutpautkan dengan masalah keuangan yang memang benar nih, penting banget untuk kita mengatur keuangan secara sehat.

  23. Memang perencanaan keuangan itu penting banget ya, aku juga masih belajar sampai sekarang

  24. PR banget sih emang kalo udah soal keuangan. awal2 aja rajin catetin uang keluar masuk ini itu. jalan sebulan dua bulan udah mager lagi nulisnya haha sebel πŸ™

  25. Semenjak punya anak, aku udah ga pernah bilang gimana nanti ajalah. Semuanya harus ada planningnya. Gpp pusing sekarang daripada nanti pusing mau bayar sekolah pakai apa hihi

  26. Punya mimpi sih fine fine aja ya, kita jadi punya tujuan ntar ke depannya pengin melakukan apa. Plus menyiapkan dana yang cukup untuk meraih mimpi tersebut. Tapi ya kudu realistis πŸ˜‰ Proses mencatat pemasukan dan pengeluaran juga penting banget nih, ga boleh diabaikan. Agar tau di mana letak ‘kebocoran’ keuangan kita. πŸ˜‰

  27. #AulRacunDunia tuh bisa jadi latte factors banget tapi kalo emang udah direncanain mau beli barang itu pas lagi diskon mah bukan latte factors lagi ya, malah jadinya untung dapet harga murah hehehe

  28. Kamu niiiih yang suka bikin bocor alus dengan updetan #AulRacunDunia hahahahah BTW Pas jaman masih muda dulu gak pernah kepikiran investasi ini itu, tapi alhamdulillah sekarang udah mau kencangkan ikat pinggang buat nabung dan investasi… semangaattttt ya Auuuul

  29. Statement gantungkan mimpi setinggi langit itu ternyata ga sepenuhnya bener ya. Harus bikin yang realistis dan jelas perhitungannya.

  30. Aku suka banget nih yang bagian kalau punya mimpi harus spesifik. Betul banget ya mba, segala sesuatunya harus realistis dan terukur. Biar financial goalsnya juga oke.

  31. Ayo Aul.. kalo dari muda gini udah sadar bocor alus, pasti pas usia matang nanti uangnya banyak deeehh πŸ˜€

  32. Sepulang dari acara FUNancial ini aku langsung bikin notes pengeluaran di handphone, aku catat semuanya termasuk jajan bocah ke minimarket, dan mau bikin tabungan terpisah untuk pengeluaran penghasilan jadi freelancer hehehe

  33. Visya Al Biruni says: Reply

    Setuju banget, mimpi harus spesifik ya Kak supaya tau juga apa yang harus dilakukannya tuk mencapainya. Btw inovasinya bagus nih, belajar Finansial dengan cara so fun!

  34. Wajib dan berharap banget punya keuangan yang sehat mba. DOain ya mba an memang aku juga punya mimpi untuk mewujudkannya memang butuh perjuangan

  35. Mimpi yang rasional ya mba dan yang penting ya usaha kongkrit untuk mewujudkannya

  36. Iyaaaa huhu aku sudah terkena ratcun ka Aul wkwk, tengkyu lho tapi jadi seru buat hunting sana sini yakaaan

  37. untuk point satu sih udah, tapi point sisihkan dana ke tabungan/reksadana belum terlaksana. cuma ada tabungan darurat aja yang besaranya ya gak besar – besar sih kak. wkkwkw..paling aku investt ke emas sama dollar. dollar butuh pas lagi keadaan super duper urgent tinggal ditukerin aja soalnya.

  38. Nice post! Terimakasih ya mbak sudah berbagi pengalaman πŸ™‚

Leave a Reply