Benarkah Sleeping Mask Sama Dengan Night Cream? #KULKERWL 3.0

sleeping mask

Hai, sekarang aku mau ngebahas hal yang cukup bikin aku ke ganggu dan ingin meluruskan. ciyee. Bukan sih, aku cuma mau share insight yang aku tau, supaya kalian punya sudut pandang yang lebih banyak dan bisa mengetahui informasi lebih banyak hasilnya tentu kalian yang memutuskan mau ngikutin yang mana. Jadi tulisan ini aku tulis berdasarkan omongan seseorang yang ngomong…

‘menurut aku sleeping mask, sama aja kayak night cream. Jadi, kalau udah pakai sleeping mask, jangan pakai night cream lagi’

Yaaa kurang lebih intinya itu lah ya. Jujur aku keganggu sama ini, karena yang dia ucapkan enggak 100 persen benar (informasi yang aku bagikan juga belum ada bukti penelitiannya sih, tapi yang ngomong lebih dermatologis jadi aku rasa cukup capable). Mari kita bedah penyataan di atas ya.

‘sleeping mask sama aja kayak night cream’

Menurut aku ini salah banget, walau banyak orang yang beranggapan sleeping mask itu cuma marketing used untuk night cream tapi enggak gitu guys, beda. Supaya aku enggak sotoy, aku melansir tulisan kali ini dari beberapa sumber yang cukup kredibel ya, nanti akan aku cantumkan juga sumbernya biar kalian bisa baca sendiri.

 

Klinik Hang Lekiu Skin Care
Night Cream Klinik Hang Lekiu Skin Care

Lacoco Watermelon Glow Mask

Sleeping Mask Berbeda Dengan Night Cream

Dermatologis dari Zel SKin & Laser Amerika Serikat dr. Brian Zelickson, MD menyebutkan kedua produk (night cream dan sleeping mask) memang tampak serupa, tapi juga memiliki perbedaan, misalnya menurutnya night cream merupakan pelembap yang memiliki konsistensi lebih ringan. Sedangkan masker memiliki perawatan khusus atau ditujukan untuk penggunaan masalah tertentu, konsistensinya juga lebih tebal.

Walaupun menggunakan bahan yang serupa pula, namun kandungan yang ada dalam masker lebih tinggi. karena kandungannya lebih tinggi maka dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyerap. Maka dari itu, enggak heran kan kalau sleeping mask itu tebel rasanya dikulit. Walau menyerap tapi rasanya ada lapisan lain di kulit dan baru benar-benar menyerap saat pagi hari.

Sedangkan kalau katanya, Training Manager Laniege Tina Oh sleeping mask itu sengaja didesain untuk memperkuat skincare malam hari sehingga jadi salah satu perawatan yang tepat untuk menghidrasi kulit pada malam hari.

Kesimpulannya, sleeping mask tidak sama dengan night cream karena kandungannya lebih kuat dibandingkan dengan night cream. Nah, kalau misalnya sleeping mask ini lebih kuat dibandingkan night cream, harus banget kita pakai keduanya? atau boleh pakai salah satu aja?

Jika Sleeping Mask Lebih Hebat, Tetap Harus Menggunakan Night Cream?

Nah di point ke dua ini, kita akan membicarakan kalimat kedua yang ada di atas, yaitu

Jadi, kalau udah pakai sleeping mask, jangan pakai night cream lagi’

Apakah omongan ini benar dan tepat? kalau aku pribadi akan menjawab, it depends your skin condition atau sesuaikan dengan kondisi kulit yang sedang kamu alami.

Soalnya di Indonesia ini kan kebanyakan kulitnya berminyak, jika diberi hidrasi berlebihan pada malam hari ditakutkan akan over mouisture. Kalau ruang tidur kamu pakai pendingin ruangan atau AC sih gapapa ya, prroduk akan lebih cepat menyerap kalau udara dingin. Kalau ruangan kamu cukup panas sih ada baiknya tidak usah pakai keduanya. Pilih salah satu aja.

Kalau aku pribadi gimana? karena kulit aku kering, ya aku pakai keduanya. Enggak ada masalah berarti di kulit aku hehe.

Itu kalau menurut aku ya, kalau menurut Tina, orang yang sama dengan di atas tadi bilang begini:

“night cream itu mouisturizer untuk hidrasi, kalau sleeping untuk perawatan khusus yang bagus digunakan selama dua hingga tiga kali dalam seminggu”

Jadi maksud Tina di sini, sleeping mask itu berfungsi sebagai booster atau produk tambahan khusus yang bisa kamu gunakan dalam kondisi tertentu. Bukan untuk penggunaan tiap hari. Menurutnya, penggunaan sleeping mask tiap hari dapat mengurangi kemanjuran atau kinerjanya pada kulit.

Baca juga: Tips Mengoptimalkan Penggunaan Sheet Mask #KULKERWL 2.0

Jika Tak Bisa Digunakan Setiap Hari, Apa yang Harus Saya Gunakan?

Nah sekarang kan sudah tau kalau sleeping mask itu penggunaannya hanya untuk special occation aja. Jika kulit kamu butuh perawatan tertentu misalnya mencerahkan atau berjerawat nih. Gunakan masker jenis lain yang sesuai dengan jenis kulit kamu, boleh kok pake masker tiap hari. Tapi perhatikan jenis masker yang kamu gunakan ya!

Sebagai contoh:

Senin – Clay Mask (Wash Off)

Selasa – Sleeping Mask

Rabu – Sheet Mask

Kamis – Peel Off Mask

Jumat – Sleeping Mask

Sabtu – Clay Mask

Minggu – Sheet Mask

Seperti yang udah dikatakan Tina, kalau kamu pakai masker dengan jenis yang sama akan mengurangi kinerjanya, Maka dari itu gunakan selang seling supaya kulit kamu bisa mendapatkan manfaat dari berbagai jenis masker yang berbeda.

Biasanya masker clay mask berfungsi untuk membersihkan kotoran secara mendalam dan mengangkat minyak berlebih, sedangkan sleeping mask merejuvenasi kulit kamu di malam hari, dan peel off fungsinya mirip dengan clay mask namun tidak sekering clay mask. Lalu sheet mask, akan memberikan kelembapan pada kulit.

Jika kamu gunakan secara rutin, kondisi kulit kamu akan lebih seimbang dan tentunya lebih sehat. Untuk mengatasi masalah tertentu aku rekomendasikan kamu mencoba #30DaysMaskChallenge

Berani mencoba?

 

 

 

Instagram : @awlrw

Facebook : Aulia Rizky Wijayanto

Email : ARizky78@gmail.com

14 Replies to “Benarkah Sleeping Mask Sama Dengan Night Cream? #KULKERWL 3.0”

  1. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi 🙂

  2. Iya nih sering di salah artikan. Padahal dari kegunaan aja udah beda. Kalo aku pribadi lebih pakai sleeping mask kalau kulit lagi bermasalah. Kalau nggak ya skip.

  3. Sebenarnya mirip tapi ga bisa dikatakan sama juga karena kandungannya lebih banyak di masker, itu sebabnya dari segi harga lebih mahal tp ga semua kulit mampu nerima skincare berlapis2, itu sebabnya kebanyakan org kl sudah pakai sleeping mask ya udah ga usah pakai pelembab lg hehee karena kandungan pelembabnya sudah ada di dalam masker

  4. […] baca juga: Benarkah Sleeping Mask Sama Dengan Night Cream? #KULKERWL 3.0 […]

  5. Aku sendiri lebih pilih salah satu aja buat night routine, beb. Karena kulitku tipenya normal cenderung berminyak. Kalo pake sleeping mask pun aku tipis-tipis aja biar nggak terlalu greasy di wajah. Again, bener yang kamu bilang, disesuaikan dengan jenis kulit.

  6. Jadi terbuka pikiranku baca artikelmu nih, terutama bagian bisa pakai masker tiap hari asal selang seling jenisnya. Aku tuh tipe yg pakai masker tergantung mood soalnya 🤣

  7. Ehh, gak pernah kepikiran loh kalau sleeping mask sama night cream itu sama. Dari namanya dan fungsinya aja beda. Artikel ini cukup mencerahkan.

  8. akhinya saya gak salah kaprah lago, geng. saya kirain cm cuma beda istilah tapi gunanya sama. wkwk. ini nih kalo gak cari ilmu dulu dan asal pakai, kacauuu

  9. nah kalau aku, sleeping mask ini hanya boleh dipakai seminggu 2 kali, sisanya night cream. Untuk masker hampir tiap hari tapi ganti2, antar clay mask, peel off mask dan sheet mask, hihhi maklum menyesuaikan usia beb

  10. Tidak sama persis dan penggunaannya juga slightly berbeda yaa mba. Saya prefer cream yg lebih ringkes

  11. Aku juga suka gemes kalau ada yg bilang kayak gt wkwk padahal beda fungsinya yah.. sedihnya kulitku sensitif dan suka ngambek kalau terlalu banyak layering produk, jd biasanya aku cuma pilih salah 1 antara night cream atau sleeping mask :”

  12. Terima kasih kaka cantik sharing bermanfaat banget dan menjawab pertanyaan serta kebingungan aku selama ini, aku sih biasanya pakai dua-duanya. Nyoba masker bergantian ini yang belom, aku coba ahh

  13. Aku baru tahu mba hehhee sleeping mask dan penggunaan untuk night cream tergantung yah, kalau aku kayaknya sih cenderung ga pake lagi night cream mba

  14. aku pake sleeping masknya lacoco juga beeeb, tapi biasanya aku pakein skincare rutinku juga sih setiap malem, kalo sleeping mask aku biasanya pake cukup seminggu 1x atau 2x aja hehehe, kadang suka ngerasa ada yg kurang aja gt kalo cuma pake sleeping mask tanpa pake cream malem dlu hihihi, mungkin krna udah jadi kebiasaan kali ya

Leave a Reply