High Heels Jadi Salah Satu Penyebab Nyeri Tulang Belakang, Mitos atau Fakta?

nyeri tulang belakang

Hai semua, sebagai perempuan untuk mendatangi sebuah acara atau tempat kerap kali supaya penampilan kita terlihat profesional kita memnggunakan sepatu yang memiliki hak untuk menunjang penampilan. Sepatu yang memiliki hak sendiri modelnya bermacam-macam, saking banyak bahkan ada sepatu hak yang memiliki tinggi tak masuk akal hingga beresiko untuk si pengguna. Bukan hanya tak nyaman digunakan, sepatu hak yang ‘tidak sehat’ ini dapat memengaruhi kesehatan tulang belakang kamu lho!

Informasi tersebut aku dapatkan dari acara Blogger & Vlogger Gathering untuk Mengenal Nyeri Tulang Belakang di RS. Premier Jatinegara pada Minggu, 29 Desember 2019 lalu. Informasi yang aku dapatkan menyenai Nyeri Tulang Belakang pun enggak main-main, karena didapat langsung dari ahlinya, yaitu dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS (K).

nyeri tulang belakang

Nah karena aku baru aja dapat ilmu yang bermanfaat, kenapa enggak aku bagikan aja sekalian di blog. Supaya kalian tercerahkan dan mengenal lebih jauh mengenai Nyeri Tulang Belakang.

Nyeri Tulang Belakang

kondisi di mana terdapat nyeri yang menganggu pada bagian pinggul, punggung, ataupun leher. Kebanyakan kondisi ini terjadi berkat adanya tekanan saraf tulang belakang atau saraf terjepit. Bukan hanya itu, bantalan yang terdapat pada ruas-ruas tulang dan mengalami penuaan juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan daerah pada tulang belakang timbul rasa nyeri yang menggangu.

Nyeri Tulang Belakang bisa timbul pada semua orang dari segala usia dan jenis kelamin. Karena semua manusia yang dilahirkan memiliki struktur tulang belakang yang sama, yaitu 33 ruas tulang yang terbagi menjadi lima bagian, yaitu

  • 7 ruas tulang leher,
  • 12 ruas tulang punggung,
  • 5 ruas tulang pinggang,
  • 5 ruas tulang kelangkang yang menjadi satu, dan
  • 4 ruas tulang ekor.

Tapi umumnya, yang mengalami kondisi ini wanita. Karena faktor hormon juga memiliki pengaruh terhadap rasa nyeri tulang belakang. Walaupun penyakit ini memang bukan penyakit yang mengancam jiwa, tapi jika kamu mengalaminya pasti akan jadi salah satu gangguan. Aktivitas bisa terganggu dan jadi tidak maksimal.

Baca juga: Ngobrolin Infeksi Saluran Kemih Bersama Uricran

Hal yang Mengakibatkan Nyeri Tulang Belakang

Nah nyeri tulang belakang ini muncul engga tiba-tiba ya, ada beberapa penyebab umum yang mengakibatkan rasa nyeri ini muncul, kalau kata dr. Wismaji beberapa di antaranya adalah,

  • postul tubuh yang salah
  • duduk terlalu lama
  • stress
  • faktor hormon
  • jarang berolahraga dan tiba-tiba bergerak (tidak melakukan pemanasan)
  • obesitas
  • gaya hidup tidak sehat
  • menggunakan heels secara tidak sehat
  • dan lain sebagainya

Selain beberapa di atas, beberapa kondisi seperti keturunan atau memiliki kondisi penyakit tertentu juga dapat mempengaruhi munculnya nyeri tulang belakang. Uniknya, kondisi ini sebenarnya bisa hilang sengan sendirinya, makanya banyak orang yang kalau mengalami ini bukannya berobat tapi istirahat.

Ohiya, dokter juga cerita kalau penggunaan tas juga berpengaruh terhadap timbulnya nyeri tulang belakang lho. Kalau tas yang kamu bawa berat, sering-sering bergerak dan mengubah posisi. Supaya otot dan saraf bagian pundak tidak mengalami masalah.

nyeri tulang belakang

Hal itu engga salah kok, karena dr. Wismaji juga menyarakankan demikian. Tapi kalau nyeri yang dirasakan berlarut-larut dan tak kunjung hilang, ada beberapa cara untuk mengobati kondisi nyeri tulang belakang ini.

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, sebenarnya kalau masalahnya tidak terlalu kompleks, kalian cukup istirahat saja. Kala nyeri tulang belakang kalian tak kunjung hilang dan kalian mengalami beberapa gejala seperti, penurunan berat badan drastis, susah BAB, susah berkemih, sering kesemutan, dan sakit kepala. Alangkah baiknya segera berkunjung ke klinik atau rumah sakit. Karena kamu butuh mengikuti salah satu opsi di bawah ini untuk menyembuhkan nyeri tulang belakang.

a. Pijat atau Urut atau Akupuntur

Point pertama ini meliputi segala tindakan tradisional lainnya. dr. Wismaji sendiri tak melarang orang untuk melakukan pengobatan tradisional asalkan, masalahnya atau sumber masalah ada pada otot. Selain itu, sangat disarankan untuk tindakan medis ke rumah sakit.

b. Mengonsumsi Obat-obatan

Di beberapa kasus nyeri tulang belakang, dokter biasanya memberikan bantuan obat seperti pain killer, narkotik, antidepresan, dan lain sebagainya.

c. Tindakan Bedah atau Terapi Fisik

Jika masalahnya lebih kompleks. enggak jarang juga beberapa orang membutuhkan tindakan bedah dan terapi fisik ke fisioterapi.

Menghindari Nyeri Tulang Belakang

Ada yang penah bilang, kalau di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Nah, memiliki tubuh yang sehat adalah kunci supaya nyeri tulang belakang engga mampir-mampir ke tubuh. Kita bukan cuma harus jaga pola hidup yang sehat mulai dari makanan atau apa yang kita konsumsi, tapi juga kita harus rajin beraktivitas dan bergerak. Janganlah jadi kaum rebahan yang kerjaannya cuma tidur, makan, tidur, makan wkwkkw

nyeri tulang belakang
spurce: lifestyle.kompas.com

Olahraga yang menekankan pada peregangan itu penting untuk kesehatan tulang. Olahraga yang baik dan direkomendasikan untuk kesehatan tulang belakang khususnya adalah yoga dan berenang. Kalian tau dong berenang tuh gerakannya ditekankan banget pada punggung. Nah bukan hanya itu, kalian juga harus memerhatikan asupan vitamin D, posisi duduk, tidur, dan berdiri. Bahkan kalian juga harus aware sama cara narik, dorong, dan angkat barang.

Baca juga: Traveling Lebih Percaya Diri Karena Bebas dari Anyang-Anyangan

RS Premier Jatinegara

nyeri tulang belakang
RS Premier Jatinegara

RS Premier Jatinegara adalah sebuah rumah sakit swasta yang menjadi rujukan pelayanan kesehatan bagi dokter dan masyarakat yang membutuhkan. RS Premier Jatinegara telah beroperasi sejak 25 Maret 1989. RS Premier Jatinegara merupakan salah satu rumah sakit swasta terkemuka di Jakarta Timur yang memiliki keunggulan termasuk didalamnya komitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan, kelengkapan spesialistik dan alat penunjang medis.

RS Premier Jatinegara menyajikan berbagai fasilitas lengkap seperti layanan untuk pasien internasional, rawat inap, medical check up, operasi bypass koroner, pusat layanan kesehatan, pelayanan penunjang, dan ESST. RS Premier Jatinegara memiliki layanan unggulan seperti, Digestive, Unit Kemoterapi, Intensive Care bayi, Premier Excecutive Clinic, Stroke Unit, dan Urologi.

RS Premier Jatinegara

Jl. Raya Jatinegara Timur No. 85-87
Jakarta 13310 – Indonesia
Call Centre : 1500-908
IGD & Ambulans Direct Line : 1500-907
Business Support : 62-21 2800888 | Fax : 62-21 2800 755

Email :
rspremier.jatinegara@ramsaysimedarby.co.id
www.ramsaysimedarby.co.id

 

Instagram : @awlrw

Facebook : Aulia Rizky Wijayanto

Email : ARizky78@gmail.com

Leave a Reply