Hanamasa, Resto All You Can Eat Paling Nyaman Untuk Kumpul Bareng Kerabat #AWasThere Ep.6

Hanamasa Resto All You Can Eat

Hai semuanya, sekarang tuh lagi banyak banget ya restoran dengan konsep All You Can Eat (AYCE). Segala jenis makanan juga ada mulai dari shabu-shabu sampe BBQ, terus ada juga yang makanan ringan, makanan tradisional, jajanan, banyak deh. Tapi kalau aku bilang, Hanamasa tetep jadi restoran AYCE paling melekat di hati, kalian setuju enggak?

Kalau aku sih setuju. Soalnya, Hanamasa ngasih aku pengalaman AYCE pertama dari kecil. Waktu itu harganya masih Rp80.000-an kayaknya hahaha. Aku dari kecil emang udah jago banget makan, makanya pas dibawa ke Hanamasa berasa surga. Boleh nambah sesuka hati aku, apalagi es krimnya. Aku gak tau udah berapa kali bolak balik. Moment ini aku ingat betul sampai dewasa, soalnya waktu itu lengkap keluargaku, ada Papa, Mama, dan Adik aku.

Gimana ya bisa sampe aku ingat gini? karena Hanamasa tuh dulu AYCE pertama dan tempatnya nyaman walau konsepnya self service alias masak sendiri.

Beda Hanamasa Dengan yang Lain

Setelah sekian lama, sampai umur aku 20tahunan ini, Hanamasa masih eksis di Indonesia bahkan enggak pernah sepi. Ya gak sih? kalau ngelewatin gerai Hanamasa pasti ada aja konsumennya, padahal Hanamasa udah berdiri dari tahun 1987 lho. Udah 30 tahun lebih. Engga banyak resto yang bisa bertahan selama ini dengan mempertahankan rasa dan kualitas yang sama bahkan meningkat kayak Hanamasa.

Di tahun 2019, pas lagi rame-ramenya AYCE akhirnya aku mengunjungi lagi Hanamasa. Bukan sama keluarga tapi sama teman-temanku. Aku main dan berkumpul bareng sama temen-temen clozetters yang lain untuk makan-makan di Hanamasa fX Sudirman.

Pas pertama kali masuk ke Hanamasa, aku kaget plus kagum juga. Karena menu Hanamasa sekarang udah BUANYAAAAAAAAK banget bukan cuma dedagingan aja. Sekarang udah ada manisan, asinan, jajanan tradisional, goreng-gorengan, thai food, dan berbagai jenis salad. Bukan cuma sebiji dua biji saladnya, tapi BELASAN!

Baca juga: Best Western The Hive, Hotel Bintang 4 Strategis di Cawang #AWasThere Ep.5

Selain itu, rasa nyaman dan excitement-nya tuh masih sama kayak aku dulu pertama kali ke Hanamasa. Emang paling cocok ya Hanamasa buat temu dan kumpul bareng kerabat tuh, engga perlu khawatir tempatnya sempit karena Hanamasa luas. Enggak perlu khawatir makanan sama minumannya kurang karena di Hanamasa bebas ambil sesuka hati. Engga perlu khahwatir juga sama rasanya, karena kamu masak sendiri wkwkkw

Ternyata, Hanamasa punya kiat khusus supaya bisa bertahan 30 tahunan, yaitu dengan:

  • meningkatkan kualitas
  • meningkatkan pelayanan. semua karyawan di Hanamasa itu sebelum ke lapangan harus melewati proses training guys.
  • enggak lelah berinovasi dengan mendengarkan konsumen

Ternyata kemunculan menu-menu baru di Hanamasa itu bukan cuma sekedar inovasi dari pihak manajemen, tapi berdasarkan saran dari pelanggan. Karena permintaaan cukup tinggi, makanya Hanamasa menghadirkan menu-menu baru. Toh kalau menunya itu-itu aja, kan bosen. Ya gak sih?

Selain itu, Hanamasa juga tidak memberlakukan batas waktu (saat kondisi sedang lengang dan tidak ramai/kondisi tertentu).

Rasa Hanamasa

Masih perlu aku kasih tau masa rasa makanan di Hanamasa kayak gimana? Soalnya gimana ya, Hanamasa kan self service jadi dip sauce dan yakiniku saucenya pun pilihan kamu. Selera kamu. Kalau suka yang agak plain, ya gak usah di celup dip sauce, kalau suka yang berasa asin manis bisa deh sesekali dicelup sebelum dibakar. Btw, dip sauce-nya itu ada dua jenis yaitu, saus Niku Tare dan Soto Tare

Untuk Yakinikunya sendiri ada banyak pilihan daging. Dari ayam, seafood, dan berbagai jenis potongan daging. Terus untuk shabu-shabu juga pilihannya banyak, sayurnya ada (kurang lebih) 10 jenis, jenis bakso ikan juga kurang lebih 10 jenis, kerang, dan lain sebagainya.

Pindah ke salad, seperti yang aku bilang di atas banyak pilihannya. Untuk buah-buahan juga banyak, bukan cuma sekedar pepaya, semangka, melon ya. Ada bengkoang, jambu, mangga, asinan, manisan.

Untuk sate-sateannya juga ada banyak, bawang putih, ayam, seafood, daging, jamur. Ada juga gorengan kayak tempura, wings dan drum stick, dan lainnya. Ada miso soup juga dan sejenis nasi goreng gitu.

Minumannya sendiri di fx Sudirman ada tiga jenis, thai tea, orang juice, dan matcha. Ohiya dessertnya juga ada es campur yang bisa kita racik sendiri. Ada boba juga yang bisa dicampur ke minuman, tentu ada tiga jenis pudding susu dan flanya. Terakhir ada jajanan tradisional kayak pukis, cenil dan lainnya.

Bahan yang dipake sih gausah diragukan lagi ya. fresh semua, termasuk gorengannya. Buah-buahannya pun enggak benyek dan masih seger gitu lho. Untuk thai teanya ini rasanya mirip banget sama merk franchise thai tea yang ada di mall-mall hihi.

Jujur, pas kemaren dateng ngeliat menu sebanyak itu yang pertama kali aku pikirkan adalah

‘gimana caranya aku bisa makan semua ini?’

Maafin kalau kedengeran rakus, tapi aku pikirin kok gimana caranya makanan yang aku ambil semua habis tapi aku bisa coba semuanya. Soalnya kadang, banyak orang yang kalau datang ke AYCE tuh ambil makanan banyak banget tapi enggak diabisin dan jadi sampah. Kan makanannya jadi tersisa dan percuma πŸ™

Hindari #TersisaPercuma Dengan, Kampanye Dari Meja Ke Meja

Kalian pernah mikirin enggak sih, makanan yang kalian sisain pas makan di restoran itu ujungnya ke mana? ya, oke kalian memang bayar dengan uang kalian, tapi pernah enggak gitu kepikiran? hahahaha

Sedihnya, makanan yang kalian sisakan itu akan berakhir ke tempat sampah guys, Jadi sampah.

Di makan lagi enggak mungkin, di kasih orang apalagi, di olah lagi amat sangat tidak mungkin. Makanya enggak salah kalau Indonesia jadi negara terbesar kedua penyumbang sampah makanan di dunia*. Kebiasan tidak menghabiskan makanan ini sebenarnya harus pelan pelan di ubah guys, mengingat masih banyak lho sodara kita yang terkena gizi buruk atau gak pernah merasakan makanan seenak apa yang kita makan.

*berdasarkan hasil studi Economist Intelligence Unit dan Barilla Center for Food and Nutrition tahun 2016

Maka dari itu, Hanamasa memiliki ide untuk mengajak konsumennya untuk tidak menyisakan makanan yang diambil lewat kampanye Dari Meja ke Meja dan tagar #TersisaPercuma. Dengan menghabiskan makanan yang diambil, kamu sudah berkontribusi untuk peduli terhadap sesama manusia alias jadi pahlawan!

Baca juga: FOOD : BOLD SMOKY PAN ICE CREAM, NORTHPOLE CAFE

Tuh, jadi pahlawan enggak perlu harus melakukan sesuatu yang besar kan? cukup menghabiskan apa yang sudah kamu ambil.

Lewat kampanye Dari Meja ke Meja, kamu bisa memberikan sedikit kebahagiaan untuk anak pemulung dan ibu hamil yang tinggal di lingkungan Tempat Pembuangan Sampah AKhir (TPSA) Bantar Gebang, Bekasi. Jika kamu membagikan foto piring (dalam kondisi makanan sudah habis) sama dengan satu piring untuk mereka (para penerima bantuan).

Begini mekanisme yang lebih jelasnya:

  1. Kamu mengambil foto kondisi meja yang bersih dari sisa makanan
  2. Kamu mengunggah foto tersebut ke IGS masing-masing dan mention @hanamasa_id
  3. Satu post foto senilai dengan kesempatan 1Β  orang untuk makan gratis di Hanamasa
  4. Periode penyelenggaraan digital activation: 6-20 November 2019
  5. Waktu pelaksanaan makan gratis: 25 November 2019 di Hanamasa Mall Metropolitan Bekasi (untuk 30 orang)

Aku udah berkontribusi piring kotor aku lewat instagram story, kamu?

Yuk, mulai bantu saudara kita lewat hal-hal kecil πŸ™‚

 

 

Instagram :Β @awlrw

Facebook :Β Aulia Rizky Wijayanto

Email : arizky@gmail.com

 

31 Replies to “Hanamasa, Resto All You Can Eat Paling Nyaman Untuk Kumpul Bareng Kerabat #AWasThere Ep.6”

  1. aku jadi ingat udah lama ga ke hanamasa sejak punya anak hahaha soalnya kalau punya anak makan AYCE tu jadi kurang afdol karena ga tenang makannya πŸ™‚

  2. Wow hebat 30 tahun bertahan ya mba Hanamasa, udah lama banget ga ke Hanamasa nih sekarang ada campaign #TersisaPercuma enak nih berlaku di MM Bekasi jadi pengen kasih tahu kakak yang tinggal di sana

  3. Keren banget ini programnya hanamasa.
    Setuju kalau hanamasa adalah ayce yang paling melekat di hati

  4. Keren banget campaign nya. Hal sederhana kaya gitu ternyata bisa berarti banget ya buat orang yang membutuhkan.

  5. salah fokus sama foto2 makanannya, jadi lapeer :(( aku terakhir makan AYCE di hanamasa bulan september deh rasanya, jd pengen lagii XD

  6. Hanamasa ini resto favorit aku dari sulu bangeyt, waktu gaji masih seadanya rela nabung, tapi memang puas makannya, enak bgt lagi!

  7. Hanamasa masih jadi favorit keluargaku juga nih, kalau ada yang ulang tahun pasti kita ngerayain ke Hanamasa. Apalagi pilihan makanannya banyak banget disini dan emang masih enak banget.

  8. Kalau lagi mau makan ayce, pasti aku bakla sengaja kosongin perut biar bs kuat banyak dan ga rugi 🀭

  9. Aku suka sama program mereka, jadi kita lebih aware sama nasib oranglain dan emang sih kalo lihat makanan di resto auto pesen banyak gitu.

  10. langsung mengagendakan ke sana kak, kalau di Jatim adanya di Surabaya. saya baru tahu kalau di hanamasa ambil sendiri yak, kalau si AYCE lainnya kan diambil in. eh ada gosip kalau gak habis bs kena denda itu beneran gak sih?

  11. Jadi kangen sama makan-makan di hanamasa. Duh kebayang-bayang dagingnya itu. Aku juga pernah nulis tentang hanamasa hehehe

  12. Uda berapa tahun yaa.. aku ga ke Hanamasa?
    Makin kece dengan variasi menu All You Can Eat yang beragam.
    Ayyee~
    Anak-anak pasti syuka yaa..
    Ga ada batasan maksimal waktu buat makan kan yaa…?

  13. MasyaAllah enak-enak banget kakak
    aku belum pernah makan di Hanamasa
    Semoga kapan2 sempat bisa makan di hanamasa
    Enak-enak semua ini Kak. Ngiler

  14. One of my favorite restaurants for all times.. suka dengan kuahnya yang enaak dan segaar nih mba

  15. Hanamasa tuh kesukaan aku dan keluarga. Trus ketagihan banget. Makanannya enak enak dan banyakpilihan jadinya semua suka. Harganya skali skali mau kalau di diskon ya πŸ˜€

  16. hanamasa nih favorit banget jaman masih ngantor dulu, hedonnya abis gajian makan siang disini beb, dagingnya fresh, sayurannya juga bagus, soal rasa ngga usah diragukan lagi.

  17. Campaign yg bagus. Aku juga gak suka liat makanan nyisa gitu aja lalu dibuang. Emang sih judulmya makan ayce, tp ya jangan kerakusan juga. Kira2 sesuai kapasitas perut. Sayang makanan yg mubazir.

  18. Keren banget ini Program dari Meja ke Meja nya Hanamasa. Aku jadi pengen ikutan, secara aku sama Pak Suami lumayan beberapa kali lah makan di Hanamasa

  19. Yang aku paling suka kalau ke Hanamasa tuh banyak pilihannya, apalagi kalau bakarannya tuh duh suka kalap deh. Apalagi kalau makannya sama keluarga dan teman-teman ya pasti tambah seru deh.

  20. Keren banget campaignnya Hanamasa. Jujur aja nih dulu aku pertama kali tau sistem AYCE ini dari Hanamasa. Seneng banget deh kalau udah makan di Hanamasa, menunya banyak, harga worth it dan suka banyak promo sih. Hehe..

  21. jd pelopor AYCE itu hanamasa yak, udah ada sejak 1987 gitu, sebelum saya lahir. tapi meski begitu saya belum pernah ke sana dan baca ini bikin mupeng

  22. Aduuuuh, ini bikin ngiler. Bikin kangen makan di Hanamasa lagi deh. Inget Hanamasa jadi inget pertama kali ke sana. Tahun 2000 kalo gak salah. Diajak temen kuliah. Dia bilang, makan di Hanamasa gak boleh pake sendal. Bela-belain pulang dulu ke rumah, begitu nyampe Hanamasa diketawain teman itu. Dia bilang, “ya iyalah gak boleh pake sendal, tapi pake sumpit”. Gileeee…. hahahaha garing banget. Duh, kapan ya bisa ke Hanamasa lagi. All you can eat-nya bikin puaaaaas πŸ˜€

  23. hanamasa jadi pilihanku kalo kesana pas pengen celebrate gitu alias pay my self, kalo udah disana pasti ngambil yang robatayakinya

  24. Main ke hanamasa pasti seru kalo lagi makan keluarga karena begitu banyak pilihan menu yang bisa dipilih

  25. Great… bener banget nih gerakan Hanamasa dengan tidak menyisakan makanan di piring. Kita harus belajar memahami kekuatan perut sendiri dengan tidak rakus mengambil semaunya tapi enggak dihabisin. Masih banyak saudara kita di luar sana yang untuk makan pun susah lhooo

  26. tentu saja menjadi tempat favorit aku waktu di jakarta entah sama teman-teman, kantor atau urusan keluarga, cozy banget

  27. Kemecer banget ya Allah. Aku pengen puding dan manisannya.. yummy banget

  28. Pas kapan itu aku ngiler banget mbaa sama Hanamasa. Aku langsung kasih tau ke suami wakakak pengen makan ke hanamaasa kapan2. Soalnya di kota kami berdua nggak ada. Kudu ke kota Semarang hehehehe

  29. di Malang belum ada Hanamasa, kalau pengen nyobain ya kudu ke Surabaya. harganya mahal agk sih mbak? anak-anak di charge sama kayak orang dewasa ya?

  30. naaah ini salah satu tempat makan AYCE yang disukai teman-teman bahkan keluargaku loh. makanannya bisa dikonsumsi oleh segala kalangan dan umur πŸ˜€

  31. Jadi kangen mau makan di Hanamasa. Dulu kalau soal resto AYCE ingetnya cuma Hanamasa aja, kalau sekarang sih udah banyak pilihan yaa. Tapi setuju banget sih, Hanamasa punya pelanggan setia mereka jadi tetap eksis sampai sekarang. Restonya yang di Depok itu tiap weekend selalu penuh. Kece juga tuh campaignnya, emang orang Indonesia kebiasaan suka kalap ambil makanan terus nggak dihabisin yaa. Padahal kan mubazir…

Leave a Reply