Cara Membersihkan Komedo dengan Baking Soda Ternyata Seampuh Itu! #KULKERWL 4.0

cara membersihkan komedo

Hai semuanya, jumpa lagi sama aku. Di postingan kali ini aku mau membagikan ke kalian mengenai andalan aku untuk membersihkan komedo. Sebenarnya aku punya banyak banget produk yang harus aku ulas, cuma fotonya itu yang enggak sempet jadi share tips berguna dulu yah. Sebelum membaca lebih jauh, aku mau disclaimer nih karena yang punya cara ini bukan aku, tapi di sini lewat postingan ini aku ingin menyadarkan kalau cara ini beneran AMPUH! 

Tapi eh tapi, sebelum aku ngeshare nih cara membersihkan komedo terampuh versi aku. Ada yang tau enggak sebenarnya apa itu komedo dan kenapa komedo itu harus dibersihkan rutin setidaknya seminggu sekali? Yuk mari kita ulas jawabannya bersama-sama.

Apa Itu Komedo?

Komedo merupakan benjolan kecil yang ada pada pori-pori, kerap kali komedo ini jadi cikal bakal jerawat. Biasanya komedo ini ada di dalam pori-pori, isinya bisa saja kotoran, minyak berlebih, atau sel kulit mati. Komedo ini bisa muncul karena kurangnya kebersihan ataupun intensitas penggunaan makeup sangat tinggi. Biasanya untuk kalian yang pakai makeup tiap hari, pasti komedo menumpuk jika tak dibersihkan turin seminggu sekali.

Komedo juga bukan hanya ada pada hidung, tapi juga ada pada pipi, dagu, dahi, dan area wajah lainnya. Seperti yang sudah aku bilang di atas, komedo itu wajib dibersihkan setidaknya seminggu sekali karena kalau tidak akan menyumbat pori. Kalau sudah menyumbat pori, apa yang terjadi?

  • Penggunaan skin care kalian tidak maksimal
  • Timbul jerawat

Emang keliatan remeh, tapi impactnya besar. Lagian kalau komedo numpuk tuh rasanya engga enak gitu lho. Aku kalau dihidung udah penuh komedo, rasanya tuh gatel dan berat banget enggak tahu kenapa. Dari pada kepanjangan, mending aku langsung share aja cara yang palig ampuh baut bersihin komedo, membandel sekalipun.

note: cara yang aku lakukan ini cocok di aku tapi belum tentu cocok di kalian. Mohon kenali kulit sendiri sebelum menggunakan sesuatu. Jangan ambil mentah-mentah apa yang aku bagikan

Baca juga: Tips Mengoptimalkan Penggunaan Sheet Mask #KULKERWL 2.0

Cara Bersihkan Komedo Ampuh

Sebelum masuk ke cara membersihkan komedo, aku mau kalian menyiapkan tiga barang, yaitu

  • pore pack (aku pakai yang hitam biar keliatan hasilnya)
  • baking soda (bukan soda kue ya)
  • mangkuk

Bakin soda dan soda kue ini emang ngebingungin sih, tapi kalau di rumah kalian ada dua barang ini, pilih produk yang ketika ditambahkan air jadi pasta bukan berbuih kaya soda.

Setelah kamu sudah punya semua peralatan di atas, yang perlu kamu lakukan adalah beberapa step berikut ini:

  1. Campurkan baking soda dengan air, perbandingannya jangan 1:1 ya. Pokoknya campurkan sampai teksturnya seperti pasta, bukan kental atau cair, Tapi lebih ke keset mirip pasta.
  2. Gunakan campuran pasta tersebut pada bagian yang ingin kamu bersihkan komedonya
  3. PERLU DIPERHATIKAN: Gunakan hanya selama 3-10 detik. Semakin kering kulit kalian, semakin cepat dibilas ya!
  4. Bilas segera, pastikan benar-benar bersih.
  5. Dalam kondisi masih basah, gunakan pore pack, tunggu sampai kering

Nah sebenarnya caranya begitu aja, pas udah ketarik dan kering, kalian tinggal cabut dan liat hasilnya. Aku sih engga pernah kecewa pakai cara ini, tapi ingat belum tentu cocok di wajah kalian ya.

View this post on Instagram

‼️WARNING: DISGUSTING PIC‼️ Aku memang bukan tipe orang yang punya banyak komedo, komedoku berkumpul di hidung dan biasanya kecil2. Tapi, aku aja keangkutnya segitu banyak (swipe👉🏽) . Pake pore pack kalau engga bisa maksimalinnya ya gak akan ngangkut banyak. Nah gimana caranya supaya bisa ngangkut komedo sebanyak itu? . Caranya aku jelasin di video amatir slide terakhir. Tapi aku tulisin juga ya di sini. Alat&Bahan: – mangkuk – air – soda kue ⠀⠀ Cara: 1. Campur soda kue dengan air sampai jadi pasta (tidak cair, agak keset lihat divideo) 2. Gunakan dibagian yang mah dipakein pore pack sebentar aja. kulit kering 3-5detik, kulit berminyak paling lama 10detik 3. Bilas sampai bersih, kemudian gunakan pore pack. 4. Selamat mencoba! . Tips ini sblmnya aku lihat dari Veronica Ong dan aku lakukan sampai sekarang. Bahkan aku nyuruh semua orang ngelakuin cara ini wkwkw. Makanya aku mau nantang kalian pakai cara ini, kalo keangkut banyak ga kaya biasanya jangan lupa tag aku di story ya!💋 . #ClozetteID #beauty #skincare #makeup #beautybloggerindonesia #indobeautysquad #beautybloggerceriaid #beautiesquad #indobeautygram #beautyblogger #tipsangkatkomedo #porepack #komedo #porepackkomedo #komedohilang #maskerkomedo #menghilangkankomedo #pembersihkomedo #caramenghilangkankomedo #ipreview via @preview.app #awlrw_skincare

A post shared by Aulia Rizky W | GIVEAWAY (@awlrw) on

 

Aku sangat sarankan, jangan gunakan baking soda ke seluruhan wajah apalagi dalam jangka waktu yang lama. Untuk melakukan proses ini, kamu cuma perlu 3-10 detik aja enggak lebih. Setelah selesai, pastikan kalian pakai hydrating toner ya.

baca juga: Benarkah Sleeping Mask Sama Dengan Night Cream? #KULKERWL 3.0

Kenapa sih aku tidak menyerankan bakin soda dipakai terlalu lama?

Kalian tentu tahu kalau baking soda ini tuh multi fungsi banget, bisa digunakan untuk membersihkan noda di baju, bisa untuk bersihkan toilet, bisa bersihkan apapun lah yang kotor. Nah terus kita pakai ke wajah jadi masker? Gak itu salah. Aku pun tidak mengatakan apa yang aku lakukan benar ya.

Karena baking soda ini punya efek samping, apalagi kalau kalian pakai lama-lama layaknya masker. Apa aja sih efeknya?

  • membuat kulit kering

Baking soda itu mengandung alkalin yang tinggi guys, jadi engga heran kalau abis pakai itu rasanya kulit kering dan bebas minyak. Maka dari itu setelah melakukan ini aku sarankan ttidak terlalu lama digunakan dan aplikasikan hydrating toner setelahnya supaya mengembalikan kelembaban wajah.

  • membakar kulit

ini efek akan muncul ketika kalian menggunakan baking soda dalam jangka waktu yang panjang atau lama, kulit kalian setelah kering akan iritasi dan kemerahan.

Itulah beberapa efek samping yang diberikan baking soda untuk kulit kita. Aku tekankan sekali lagi, jangan asal aplikasikan cara yang aku gunakan. Jika kondisi wajah kamu sedang kurang baik, jangan coba atau jika kamu ragu juga jangan coba. Namun jika kalian tanya, bagaimana efeknya di aku?

Sejauh ini aku tidak merasakan apa-apa, hidung aku normal-normal saja. Kalau kamu coba ini semoga berhasil ya!

 

 

Instagram : @awlrw

Facebook : Aulia Rizky Wijayanto

Email : ARizky78@gmail.com

One Reply to “Cara Membersihkan Komedo dengan Baking Soda Ternyata Seampuh Itu! #KULKERWL 4.0”

  1. Aku dulu pernah nyobain gini nih, buat blackhead ampuh, tapi whitehead yg didalem gitu engga ngaruh huhuhu

Leave a Reply