3 Tempat Wisata di Balikpapan dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi #AWasThere Ep.3

tempat wisata di Balikpapan

Menjelang akhir tahun, mungkin kamu sama keluarga mau merencanakan liburan untuk merayakan natal atau tahun baru. Kalau sudah pernah ke tempat wisata terkenal di Indonesia, coba deh kunjungi hidden treasure di Balikpapan. Jangan kira di sana enggak ada tempat wisata yang bagus yah! Simak beberapa tempat wisata yang bagus di sini yuk~

Balikpapan merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur yang memiliki potensi wisata cukup besar. Beberapa objek wisata yang mungkin kamu kenal di sana seperti Pantai Kemala, Pantai Lamaru, dan Kampung Pinisi kerap jadi tempat pilihan wisatawan untuk liburan. Di antara banyak tempat wisata di Balikpapan, ternyata kota ini masih punya objek wisata yang masih jarang orang tau. Mungkin destinasi ini bisa jadi destinasi wisata kamu yang selanjutnya.

Emangnya ada apa aja sih di Balikpapan?

Danau Cermin

tempat wisata di Balikpapan
tempat wisata di balikpapan

Salah satu referensi wisata di Balikpapan yang wajib kamu datangi adalah Danau Cermin. Selain dikenal dengan nama Danau Cermin, masyarakat sekitar juga mengenal lokasi ini sebagai Danau Rawamangun, sebagai nama asli atau Danau Hijau. Dinamakan Danau Cermin karena air yang ada di danau tersebut begitu jernih kehijauan. Bahkan pantulan pepohonan dan awan yang berarak di atas permukaan air danau terlihat mirip seperti aslinya., jadi kaya kaca gitu guys~

Meski memiliki pemandangannya indah, kawasan ini masih dibiarkan alami dan belum dikelola secara profesional. Kabarnya, Danau Cermin ini merupakan danau buatan manusia, bukan danau yang memang sudah ada dari sananya. Mulanya permukaan tanah di sekitar Danau Cermin dikeruk untuk dijadikan lokasi latihan tembak TNI AD. Namun, pada tahun 2009 kawasan yang sudah berbentuk cekung ini pun ditinggalkan dan digenangi oleh air.

Danau Cermin sempat menjadi sumber air ketika kemarau panjang terjadi pada akhir 2014. Tapi menurut masyarakat setempat, air di Danau Cermin tidak bisa diminum karena memiliki kandungan asam yang tinggi akibat batu bara dan tanah liat di dalamnya.

Baca juga:Β Pengalaman Staycation di Reddoorz near RS Pondok Indah #AWasThere Ep1

Hutan Mangrove Teritip

tempat wisata di Balikpapan

Aku kasih tau kalian nih tempat wisata yang belum banyak diketahui. Hutan Mangrove Teritip di Balikpapan jarang diketahui karena lokasinya cukup tersembunyi. Bahkan, hanya kendaraan roda dua yang bisa menjangkau kawasan ini. Selebihnya, mereka yang membawa mobil harus memarkir di depan pintu masuk dan jalan kaki menuju lokasi yang berjarak sekitar 100 meter.

Berbeda dengan Hutan Mangrove Graha Indah, di Hutan Mangrove Teritip kamu bisa berjalan menyusuri jembatan ulin yang panjang menuju pantai. Di bagian ujung terdapat pendopo sebagai lokasi bersantai bagi pengunjung.
Dari pendopo, kamu bisa melihat pemandangan laut luas ditemani dengan semilir angin pantai yang menyegarkan.

Wisata Alam Batu Dinding

tempat wisata di Balikpapan

Bukan di Balikpapan, tempat wisata yang satu ini berada di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, enggak jauh lah ya dari Balikpapan :p

Dari Kota Minyak, kamu harus menempuh perjalanan selama 1 jam 30 menit. Ambil Jalan Soekarno Hatta menuju kilometer 45. Di lokasi tersebut nantinya kamu akan menemukan petunjuk menuju lokasi.

Lalu, tempat wisata apakah ini? Batu Dinding merupakan tebing bebatuan dengan jalan setapak selebar 1 meter. Yang menarik dari lokasi ini ialah bentuknya yang menyerupai tembok besar China. Selama menyusuri jalan setapak menuju puncak bukit, kamu bisa melihat keindahan dan kesejukan pepohonan hijau di sebelah kanan dan kiri jalan. Setibanya di puncak, perbukitan hijau yang membentang luas bak lukisan siap memanjakan siapa saja yang berkunjung.

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah dari puncak bukit kamu juga bisa menikmati panorama sunrise dan sunset yang indah. Jadi, kalau ingin berkunjung pastikan datang saat cuaca sedang cerah, ya. Berkat pemandangan lanskapnya yang memukau, Batu Dinding pun bisa menjadi lokasi berfoto yang instagrammable.

Itulah 3 objek wisata di Balikpapan dan sekitarnya yang masih terjaga keasriannya. Nah, kalau kamu jadi pengen ke Balikpapan gak usah khawatir, kamu bisa menggunakan Airy untuk mendapatkan tiket pesawat Sriwijaya tujuan Balikpapan dengan harga terjangkau.

Selain menyediakan tiket pesawat murah ke Balikpapan secara murah, aplikasi ini juga menawarkan layanan bebas penipuan. Apabila terjadi masalah terkait perjalanan, kamu bisa mengajukan reschedule ataupun refund di Airy dengan mudah.

 

Instagram :Β @awlrw

Facebook :Β Aulia Rizky Wijayanto

Email : arizky@gmail.com

23 Replies to “3 Tempat Wisata di Balikpapan dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi #AWasThere Ep.3”

  1. Thanks foe share infonya..

  2. baca postingan kamu jadi mikir, aku kok kayaknya jarang liburan kemana2, selama ini kemana aja ya hahaaa padahal wisata lokal aja udah seindah ini ya πŸ™‚

  3. Mupeng ingin ke hutan Mangrove Teritip nya, keren. Kebayang banget suasana sejuknya yang harum sama aroma pohon dan aroma hutan.

  4. Hutan maggrove keren ya kak aku mau wisata ke sana belum kesampaian ?

  5. Tertarik wisata alam batu sama yg ke pantai cermin Mba, cakep bgt kyknya ya. tinggal tunggu rezeki nya ke balikpapan lg πŸ™‚

  6. Ternyata Balikpapan seindah ini ya alamnya. Apalagi danau cermin, pengen ke sana juga deh..

  7. waaah aku belum pernah ke balik papan, jadi pengen ke sana deh, banyak tempat wisata ternyata ya beb

  8. Tiga tiga nya bagus bgt sih ini . Fix masuk je dalam wish list deh. Apalagi danau cermin nta. Bagus bgt view nya

  9. Danau cermin ini cakep banget ya, jadi pengen bikin itinerary ke Balikpapan. Kalau yang lainnya juga bisa sih tapi kalau aku penasaran dengan si danau cermin ini. Untuk ke danau cermin ini kita bayar berapa ya mbak?

  10. sejak lama kepengen banget main ke danau cermin. gilasih aku kebetulan seneng banget air jd kalau ada wisata air-air gini paling semangat ampun keren banget viewnya pengen nyemplungggggggg. boleh gasih

  11. Bekas tambang malah jadi lokasi wisata yg cantik ya, mbak . Sama seperti di belitung, yg juga ada kubangan2 cantik bekas tambang timah kalo gasalah.

  12. Balikpapan, salah satu kota di Indonesia yang bikin aku penasaran buat dikunjungi.

  13. Kalo k Balikpapan habis liat blog kaka aku langsung pengen k Danau Cermin. Masya Allah indah bangeeeet itu asli, ah mupeng

  14. Wew liat poto yang airnya biru itu takjuuubbb. Wah aea sana deket calon ibukota ya mbak hehe
    Belum pernah nyampek Balikpapan dan sekitarnya. Selama ini kenalnya Derawan aja, trnyata masih banyak lokasi wisata yang tersembunyi yaaa

  15. Bagus bagus yaaa tempat wisatanya. Ini baru satu kota di Indonesia yaa. Gimana yang lain πŸ˜†

  16. Hutan mangrove ini baik sekali untuk menjaga ekosistem di pinggir pantai ya aku jadi pengen juga wisata ke hutan mangrove

  17. MasyaAllah Tabarakallah indah sekali ya Danau Cermin ini jadi pengen datang langsung ke Danau Cermin

  18. Duh, bagus-bagus ya tempat wisatanya. Dijamin betah dan bikin refreshing. Semoga suatu saat nanti bisa kesampaian main ke sana πŸ™‚

  19. Itu sungainya menarik skali. Airnya sangat jernih. Dan akan jadi Ibukota Indonesia huhuhu. Makin berjaya deh Indonesia nantinya

  20. jadi pengen kesana πŸ˜€

  21. Pas ke Balikpapan paling cuma main ke pantainya aja, ternyata ada objek wisata lain yang cantik seperti mangrove Teritip.

  22. Penasaran sama danau cermin , pemandangan nya bagus bagus banget ya disana . emang disana seperti nya Belum kejajah sama blogger / Vlogger . Indonesia lebih indah pemandangannnya

  23. MasyaAllah insah banget pantai cermin.
    Pengen juga kak main ke sana. Mudah2an ada rejeki bisa main ke sana

Leave a Reply