Ngobrolin Sarapan Sehat dan Multivitamin Bareng Youvit

youvit

Hai semuanya, beberapa bulan ke belakang seringnya liat aku ngereview produk dan enggak jalan ke acara mana pun yah! Akibat sekarang aku kerja di luar planet, jadi mau kemana-mana berasa banget jauhnya.

Ditambah lagi Sabtu masuk, yaudahlah, aku cuma bisa pilih acara yang sesuai dengan waktu kerja aku. Untungnya Sabtu kemarin, Indonesia Female Bloggers lagi merayakan 2nd Anniversarry mereka bareng Youvit di Glosis Barito.

Senangnya, acara ini diselenggarakan pas Sabtunya tanggal merah, jadinya aku bisa ikutan deh! Karena dari luar planet ke Jakarta itu membutuhkan waktu yang amat panjang, akhirnya aku datang ke acaranya telat.

Sedih sih ketinggalan beberapa point pembicaraan tapi aku menangkap dan mendengarkan dengan seksama pembicaraan kemarin kok, yang meliputi sarapan sehat dan vitamin.

youvit
youvit

Sarapan Sehat?

Emangnya penting banget ya sarapan? Aku yakin pasti banyak banget orang yang skip sarapan dengan alasan sibuk beraktivitas dan buru-buru pergi. Padahal sarapan itu punya segudang manfaat lho untuk tubuh kita.

Dikutip dari Kompas, Ahli gizi dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., mengatakan, sarapan adalah rutinitas yang wajib dilakukan karena menentukan kondisi tubuh selama seharian beraktivitas.

“Sarapan pagi itu penting untuk aktivitas siang sampai malam hari. Pilih menu yang tinggi serat, sehingga kadar gula darah terkontrol, kalau tidak kaya serat, gula darah turun dan badan jadi loyo,” katanya.

Kita yang memiliki aktivitas super padat di tengah perkotaan justru selalu mengeyampingkan sarapan dan pas makan siang dan malamnya balas dendam. Kebiasaan itu buruk banget lho kalo teru-terusan dilakukan. Pasalnya dari data yang dikutip dari Kompas, adalah sebagai berikut,

(Baca juga: EVENT: RENEWSKIN Nutrisi Untuk Kulit Sehat dari Jepang)

Data dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) menunjukan, wanita berusia 25-35 tahun membutuhkan 2.150-2.250 kalori perharinya, sedangkan pria dalam rentang usia tersebut membutuhkan 2.625-2.675 kalori.

Nah, sarapan itu penting banget buat memenuhi 15 – 30 persen kebutuhan gizi kita sehari-hari. Menurut dr. Samuel, sarapan idealnya itu terbagi dari 4 kategori makanan,

  • Karbo, yang bisa kamu dapat dari roti, nasi, dan kentang.
  • Protein, bisa didapatkan dari daging ayam, ikan, atau telur.
  • Vitamin dan Mineral, kamu bisa ambil dari sayur dan buah
  • Cairan, kamu bisa dapat dari air putih dan susu.

Nah kalau buat kita yang sibuk banget kerja dan kadang susah sulit banget ngeluangin waktu buat sarapan, harus gimana?

Kamu bisa potong aja 2-3 buah yang ditambah granola atau kacang-kacanga

n, terus ditambah yogurt. Kalau makannya ribet, dijadiin smoothies aja deh!

Kalau kalian salah-salah memilih menu sarapn bisa jadi kamu menumpuk kolesterol jahat, memang sih pada dasarnya tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk membantu memproduksi Vitamin D.

Namun kalau berlebihan, ya berbahaya juga guys. Agar ini tidak terjadi, kamu harus pintar memilih makanan, dimulai dari memilih lemak sehat, hindari lemak trans & jenuh (lemak buatan), perbanyak omega-3, dan perbanyak makan makanan berserat.

Lemak Sehat

Ada yang tau makanan apa yang mengandung lemak sehat? yang termasuk lemak sehat adalah ikan, alpukat, dan kacang.

Lemak Trans & Jenuh (Buatan) 

Dikutip dari hellosehat, lemak trans buatan (atau asam lemak trans) dihasilkan dari proses industri yang menambahkan hidrogen pada cairan minyak sayur untuk membuatnya lebih padat.

Kneapa banyak digunakan? karena harganya murah dan save lifenya lebih lama dibanding lemak alami. Trans fat memberikan rasa dan tekstur yang baik pada makanan.

Banyak restoran dan outlet siap saji menggunakan lemak trans untuk menggoreng makanan karena minyak dengan trans fat dapat digunakan beberapa kali.

Terus kenapa lemak buatan ini jahat? karena lemak ini berpotensi besar untuk menurunkan lemak baik dan menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit.

(Baca juga:  Pengalaman Hair Cut & Coloring Di Salon Chandra Gupta)

Makanan apa yang mengandung lemak trans? Seperti yang Rachel Olsen bilang di acara kemarin, lemak trans ini banyak banget di makanan yang dibuat sama restoran cepat saji, cookies, biskuit, minuman-minuman botol yg ada di sekitar kita.

Lalu, Apa Menu Sarapan Sehat Yang Baik?

Sabtu lalu, Rachel Olsen, Nutritionist Youvit, sharing ke blogger yang hadir mengenai rekomendasi menu sarapan sehat, kamu bisa membuat Smoothies (Mangga + pisang + baby spinach + Almond milk/soy milk) (buah naga + strawberry + pisang + yogurt +madu), tambahkan granola, kacang, buah lain, bijian agar menjadi smoothies bowl.

youvit
youvit

Oatmeal bowl (oatmeal + apel +kayu manis + almond/soy milk), Healthy sandwich (telur + tuna + timun +selada + tomat) mudah ya? sekarang aku tanya lagi nih, kalau kalian makannya udah sehat banget nih, apa kalian yakin dan tau persis sudah berapa vitamin yang kalian konsumsi per hari?

sudahkah kamu memenuhi kebetuhan vitamin harian mu? kita kadang kurang aware sama ini, bahkan nunggu ada gejala sakit dulu , baru deh woro-woro minum vitamin.

Padahal rajin minum vitamin dengan rutin bisa membangun proteksi dan metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Vitamin itu gunanya untuk lengkapi vitamin harian kamu, bukan untuk menambahnya jadi berlipat-lipat.

(Baca juga:  REVIEW: Klinik Hang Lekiu Skin Care, KHL Brightening Series)

Di acara itu pula, aku tau, kalau kita minum vitamin dengan dosis yang banyak, misal, vitamin c yang dibutuhkan orang dewasa adalah 90 mg tapi kita minum vitamin c 1000 mg per hari, yang diserap tubuh hanya 90 mg sisanya? terbuang lewat urin. Sayang banget kan?

Makanya, youvit disini menghadirkan vitamin yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Dosisnya tidak berlebihan dan yang penting youvit ini beda banget sama multivitamin lainnya.

Bentuknya chewy candy/bear atau apalah itu, sebelas dua belas sama yupi, rasanya beri. Jadi fun banget makannya. Aku tipe orang yang susah banget menelan kapsul, jadi aku syenang banget konsumsi vitamin yang modelnya begini.

youvit
youvit

Kenapa dari tadi aku bilang ini multi vitamin? karena dalam satu pcs vitamin terdapat 10 vitamin, di antaranya vitamin C, vitamin D, vitamin B12, vitamin B9, vitamin B7, vitamin B6, vitamin B5, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam satu sachetsnya ada 7 pcs yang bisa dikonsumsi selama seminggu. Satu boxnya dijual sekitar Rp 85.000,- yang tersedia di drug store. Aku sih baru konsumsi ini selama 3 hari (tehitung sampai Selasa) untuk efeknya aku tentunya belum merasakan hal yang signifikan karena baru sebentar.

Tapi aku berharap ini work untuk menjaga dan menstabilkan kesehatan aku! Kamu bisa lihat kelengkapan mengenai multivitamin ini di sosial media mereka di

YOUVIT

Instagram: @youvitforlife

Facebook: YOUVIT

 

thanks for reading

see you in my next post,

bye

 

 

Instagram : @awlrw

Facebook : Aulia Rizky Wijayanto

Email : ARizky78@gmail.com

 

9 Replies to “Ngobrolin Sarapan Sehat dan Multivitamin Bareng Youvit”

  1. […] (Baca juga:  Ngobrolin Sarapan Sehat dan Multivitamin Bareng Youvit) […]

  2. […] (Baca juga:  Ngobrolin Sarapan Sehat dan Multivitamin Bareng Youvit) […]

  3. bagus acaranya apalagi Rachel smart banget kasih penjelasannya

  4. enak banget yak ini vitaminnya, di acaranya banyak info baru yg menarik lagi

  5. Wah aku ketinggalan info yang menu sarapan sehat nyaa. Info nya komplit banget mbak aulia 🙂

  6. Seru yaaa kemarin acaranya, aku juga jadi rajin konsumsi Youvit skrg. Semoga abis ini jadi gak gampang sakit dan lebih semangat buat hidup sehat.

    1. Aulia Rizky Wijayanto says: Reply

      iyaaa, hampir sebulan semenjak event aku rutin konsumsi dan emang ngefek sih jd enggak gampang sakit

  7. Habis acara ini aku langsung jatuh cinta sama YOUVIT. Enak dan berasa makan permen jadinya, jadi selalu sedia di tas. hehe

    1. Aulia Rizky Wijayanto says: Reply

      iyaaa, aku pun setiap hari rutin konsumsi, enggak berasa makan vitamin wkwk

Leave a Reply