Ngopi Cantik Beautiesquad #3 : Beautiesquad 101

ngopi cantik beautisquad

Hai, kalau kalian liat judulnya pasti bingun nih ‘si Aul tuh nulis apa sih’ jadi gini saudara sebangsa dan setanah air. Aku bakal cerita mengenai salah satu komunitas beauty blog yang terbilang eksis di Indonesia. Jadi buat kalian para blogger yang udah ataupun belum tau apa itu Beautisquad, atau buat kamu yang batu mau ngeblog tapi bingung mesti apa, sok ya dibaca!

Bagian paling penting dari dunia blogging dan branding blog adalah komunitas menurut aku. Kenapa begitu? bayangkan aja, kalau kita masuk ke suatu komunitas yang fokusnya sama kayak blog kita, pasti kita ketemu banyak ketemu temen baru yang punya kesukaan yang sama akya kita, kemudian kamu juga bisa tuker-tukeran baca blog, cara yang satu ini efektif banget buat nambah pebaca buat kamu yang belum paham SEO, selain itu gabung di komunitas juga bisa buat kita dapet project.

Dari sekian banyak grup beauty blog yang ada, aku sendiri baru menemukan Beautiesquad belakangan ini. Telat ya? iya banget:( Awalnya sih aku cuma ngeshare-share tulisan aku doang di grup fb Beautiesquad, terus aku baru ngerasa komunitas ini kok aktif banget kegiatan dan project-nya ya? caranya kepilih buat ikutan project ini itu apa ya??

Kebetulan banget nih Beautiesquad ngadain Ngopi Cantik Beautiesquad Part 3 yang dikasih judul Beautiesquad 101. Ngopi Cantik Beautiesquad kali ini juga dibuat dalam rangka Beautisquad First Anniversary. Yihaa~

Ngopi Cantik Beautiesquad

Ngopi cantik kali ini menghadirkan Vina Eska selaku Public Relation-nya Beautiesquad. Oh iya bagi yang belum tau sama acara ini, aku jelaskan sedikit ya. Ngopi Cantik Beautiesquad atau Ngopcan adalah temu online alias talkshow yang digelar online. Ini salah satu acara rutin-nya Beautiequad loh. Selain itu ada juga Makeup Collab dan Sponsored Review, dan proker lain yang masih dalam proses perencanaan.

Baca juga: EVENT: Powerlunch ‘How To Attract Gen Z’ & Apa itu Kincir.com?

Langsung aja deh yuk masuk ke topik utamanya. Beautiequad sediri adalah komunitas beauty blogger Indonesia yang tujuannya menyatukan para blogger khususnya beauty blogger untuk belrkembang dan belajar bersama. BS sendiri didirikan pada November lalu oleh Virly, Nisa dan Liana.

Awalnya, dikasih nama Beauties tapi ditambah kan squad dan diganti jadi “Beautiesquad“. Pas awal terbentuk sih BS nerima siapa aja yang mau gabung, yang enggak punya blog pun bisa masuk, yang cuma bisa di chat aja pun boleh. Tapi awal tahun ini, BS merekontruksi komunitas ini dan membuat kepengurusan. Akhirnya diputuskan kalau member BS harus memiliki blog yang sejalan sama visi dan misinya, yaitu

VISI DAN MISI BEAUTIESQUAD

Visi :
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia

2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi :
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan

2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand

3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan

4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).

Saat itu, BS hanya tebentuk di group chat WhatsApp, tapi sejak BS bekerja sama untuk pertama kalinnya dengan Inez, banyak blogger yang ingin bergabung dengan BS, akhirnya dibuat lah grup facebook supaya siapapun bisa join dan berkembang bersama.

Berjalannya waktu, BS mulai bekerja sama dengan brand-brand lain, misalnya Nihonmart. Bukan cuma untuk member inti yang ada di WA tapi beberapa kali BS juga kasih kesempatan untuk member yang ada di Facebook. BS juga enggak berhenti untu mengarahkan member yang bergabung di Facebook Group agar sesuai standar blogger dan BS sendiri.

Ngopi Cantik Beautiesquad
via pexels.com

Jadi intinya, gimana sih cara jadi member inti BS?

  1. Patinya kamu harus punya blog! Bukan cuma itu ya gaes, template blognya harus SEO friendly dan menarik, cara menulis yang ena dibaca dan SEO-able, dan foto yang ciamik.
  2. Blog kalian Top Level Domain. belakangnya gak ada embel – embel blogspot.com, atau wordpress.com, atau wix.com atau yang lain.
  3. minimal menulis tentang beauty 2x dalam sebulan di blog.
  4. Disiplin dan memiliki attitude yang baik. Misalnya, ngumpuling project atau foto collab tepat waktu GAES!
  5. Punya fanpage dan twitter (min.100 followers) selain Instagram (500 followers) 
  6. Aktif berkontirbusi.
  7. Rajin Ikut Collab
  8. Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder

Baca juga: Aku Generasi Muda Berkarya Tanpa Narkoba. Kamu?

Yang perlu kalian tau, berikut adalah para officer BS yang baru-baru ini di reshuffle (udah kayak Menteri wkwk) jadi, berikut adalah susunan Beautiesquad Officers, 

Founder: Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka.

Chief Officer:  Vina Eska

Community Relations (CR): Lia Melqha (Lia), supervisor. Fuji Astyani (Fuji) sebagai sekretaris dan SEO Analysis. kemudian ada Liana Eka (Liana), Ariani Rosidi (Aya), dan Rahma Brilianita (Rahma).

Social Media Squad (SM): Rani Lukman (Rani) Supervisor dengan officers,  Devi Purwati (Devi), Khrairunnisa (Ica), dan Savitri Hutapea (Savitri).

Photo Editor Squad (PE): Raydita (Ray) Supervisor dan officers, Annisa Pertiwi (Nisa) dan Laudita Cahyanti (Lauchie).

Nah jadi begitulah Beautisquad 101 yang aku rangkum dari Ngopi Cantik Beautiesquad Part.3 bersama Vina Eska kemarin. Semoga dengan ini para teman bloggerku atau yang baru ingin memulai lebih semangat yahhh!!

Akupun gitu, walaupun masuk Beautiesquad ini terbilang ketat tapi ku jadiin semangat supaya diriku ini lebih berkembang. Eh iya kalian bisa loh mampir liat-liat ke Nihonmart kalau mau beli yang lucu-lucu buat dengdongan gitu.

 

2 Replies to “Ngopi Cantik Beautiesquad #3 : Beautiesquad 101”

  1. Setuju!
    PEnting banget buat berkomunitas karena jadi ajang silaturahmi dan pembelajaran juga 😉
    Semangat kita di BS. Salam kenal yaa….

Leave a Reply