Mitos dan Fakta Tentang Skincare

Happy weekend guys~

Aku kembali lagi dengan postingan baru nih. Lagi produktif dong hahaha 😀 Kali ini aku mau bahas tentang skin care atau perawatan wajah. Seperti judulnya, ternyata banyak banget mitos dan fakta mengenai skin care yang berseliweran di media sosial. Nah kebetulan banget kemarin aku ikut Ngopi Cantik 7 Beautiesquad bareng Insommia atau Mia

Mia ini blogger yang suka banget mengupas tuntas mengenai produk skin care berdasarkan jurnal ilmu pengetahuan, karena didukung dengan sumber otentik yang bisa dipercaya. Biasanya sumber yang dia pakai itu tujuannya untuk studi atau penelitian.

Lalu apa saja mitos dan fakta mengenai skin care yang harus diluruskan dan di ketahui? Berikut empat point yang akan aku sharing ke kalian semua.

Kosmetik natural = aman?

BUANYAK BANGET yang menganggap kalau apapun yang natural itu udah pasti aman. Padahal ya belum tentu. Sebenarnya aku salah satu orang yang percaya ini dari dulu. Kalau semua natural, berarti gak akan ada tanaman yang beracun dong?

Jadi gini menrutu penuturan Mia, enggak semua yang natural itu aman dan ENGGAK SEMUA PRODUK SINTETIS/KIMIA BERBAHAYA. Pasti kalian sering menemukan orang (well, mungkin aku juga pernah mengatakannya mungkin) yang mengatakan ‘produk ini aman tanpa bahan kimia lho guys’ Padahal yang natural itu memiliki bahan kimia, misalnya air atau aqua. Dia itu termasuk unsur kimia karena namanya H2O lho.

Nah, kalau yang natural gak selalu aman, terus kita pakai apa dong? Kan bahan kimia lebih berbahaya. Jawabannya, tidak semua bahan sintetis yang sengaja diciptakan dari unsur kimia itu berbahaya, contoh mudahnya ada di semua sunscreen yang kalian gunakan. Kandungan yang namanya titanium dioxide dan zinc oxide ini merupakan sun screen agent yang bagus menghalau UVA dan UVB

Terbukti, hampir semua produk pakai ini kan? Yang aman digunakan justru kandungan yang sengaja dibuat dipabrik atau yang sering kita bilang ‘bahan kimia’ di alam kita ini sebenarnya ada kedua bahan tersebut tapi ternyata engga aman digunakan untuk skin care karena beracun. Sama halnya kayak silicon. Bahan ini tuh sering banget disalah-salahin bahaya dan apa segala macem lah. Tapi sebenarnya ada lho silicon baik yang aman digunakan, misalnya kayak primer untuk makeup.

Paraben beneran bahaya?

Pernah denger dong soal ini? Aku juga sering banget kayaknya bilang soal ini. Tapi ternyata yang aku percayai mitos. Paraben sebenarnya adalah bahan sintetis yang dibuat menggunakan unsur kimia yang biasa digunakan untuk mengawetkan produk. Tapi kenapa si paraben ini selalu disalah-salahin dan dibilang berbahaya?

Berawal dari gossip yang mengatakan kalau Paraben itu bisa menyebabkan kanker payudara. Tapi sebenarnya ada mispresepsi lho mengenai ini. Awalnya, berbedar berita kalau paraben adalah resptor estrogen yang bisa memicu hormone di wanita. Estrogen ini justru dikaikan dnengan penelitian mengenai kanker payudara pada tahun 2004 yang mengatakan, di salah satu patudara yang ditemukan pada pasien ditemukan paraben. Tapi sebenarnya jumlah paraben yang ditemukan itu jumlahnya sediit, bahkan enggak sampai sejumput lah.

Di Indonesia sendiri kebanyakan produk menggunakan ethyllhexyglycerin, phenoxyethanol, sama DMDM hyatoin untu pengawet. Padahal sejauh ini paraben itu hitungannya masih paling aman diantara semuanya. Kasus alergi mengenai paraben saja sangat sedikit kalau dilihat dari puluhan tahun lalu.

Sedangkan phenoxyethanol ini udah dilarang dibeberapa Negara karena kemungkinan alergi dan peyebabnya jauh lebih besar dari paraben. Sedangkan DMDM hyatoin masih dianggap aman ketika kadarnya tidak lebih dari 0.2%. Bahkan Cosmetics Ingredients Review (CIR) yang merupakan salah satu lembaga di Amerika Serikat atas inisiasi beberapa branf mengatakan kalao DMDM hyatoin, phonoxythanol, dan paraben masih aman asal mengikuti aturan yang mereka tetapkan.

Petroleum Jelly dan Mineral Oil enggak baik buat kulit?

Petroleum jelly ini natural sebenarnya, ia terbuat dari hidrokarbon. Tapi apakah aman digunakan? Banyak orang yang bilang kalau kedua bahan ini berasal dari petroleum atau cairan yang fitemukan di bawah batu sedimen (biasanya dipakai utnuk bensin). Tapi petroleum atau mineral oil ang digunakan dalam skin care ini hasil distilasi atau sudah di purifikasi dengan baik dan sebenarnya bahan ini bukan jadi penyebab utama kamu jerawatan karena clogged pores sih, karena kemungkinannya bisa jadi yang lain.

Masalahnya bisa jadi emang dari awal pori-pori kamu tersumbat terus kamu pakai ini ajdi jerawatan, Aku pernah tidak menyarankan orang-orang pakai ini karena aku tahu teman-teman aku ini enggak pernah pakai skincare dan mereka tidak mencuci wajah mereka dengan benar. Jadi aku udah tau, mereka ini dah clogged pores dan mereka belum mau menangani itu. Jadi aku sarankan ke mereka untk tidak menggunakan kedua bahan ini.

Emas, Kolagen dan Retinol untuk Antiaging

Emas dan kolagen bisa jadi bahan yang terkenal dalam skincare antiaging karena stategi marketing. Awalnya muncul tren mencampurkan unsur metal ke skincare dan ternyata big hit. Banyak yang beli dan sukses lah, akhirnya semua branfd pada ikut-ikutan tren ini. Unsur metal yang paling bisa kita percaya bisa untuk antiaging adalah copper-peptide.

Coba, gimana bisa kolagen menembus kulit? Lapisan teratas aja enggak bisa. Kalau kamu ingin menggunakn produk antiaging coba gunakan salicylic acid atau retinol. Namun kedua bahan ini masuknya obat sehingga kamu harus tahu takaran dan cara pakai yang betul. Salicylic acid aja sebenarnya enggak boleh lho digunakan sama ibu hamil.

Nah itulah materi yang aku dapatkan dari Mia. Menarik kan? Ada beberapa hal juga yang aku baru tahu karena dari dulu masih bimbang dan aku malas belajar terlalu dalam hahaha. Tapi yagn aku berterima kasih banget sama Mia karena mau share ilmu yang dia punya. Research ke jurnal sana sini itu enggak gampang boy….

Semoga apa yang aku buat di sini bermanfaat untuk kalian ya, kalau kalian mau main ke blognya Mia. Bisa cek disini.

 

24 Replies to “Mitos dan Fakta Tentang Skincare”

  1. wah, banyak banget infomarmasi yang belom aku tahu..
    makasih banyak for infomation kak

  2. emang sih paraben itu bahaya, dan katanya sangat dilarang digunakan ibu hamil dan ibu yang menyusui..
    tapi masih banyak aja ya brand yang menggunakan paraben sebagai bahannya 😢

  3. aku juga ikutan Ngopi Cantik Beautiesquad yang ini nih. Super salut aku tuh sama Mia yang rajin bener ngulik skincare. Alhamdulillah, kita jadi ikutan kecipratan ilmunya Mia yak

  4. Waaaah aku ga sempet ikutan nih kemarin, padahal pengen ikutan banget huhu

  5. Nah! Yang Paraben itu sih yang dulu sempet jadi momok. Aku dulu berusaha banget ngejauhin produk-produk yang mengandung paraben, entah itu methylparaben, propylparaben, dst. Ternyata nggak sebahaya itu, dong. Karena takarannya udah disesuaikan dan dijamin aman dalam produk skincare. Mitos nih yaaaa emang bikin galau kalau nggak ditelisik sisi ilmiahnya.

  6. Nah aku memang agak percaya ga percaya nih soal pendapat petroleum jelly, ada yg bilang bagus untuk membuat kulit lembab dan kayak glass skin, mungkin karena efek minyak itu.. Tapi ada yg bilang ga baik karena menutupi pori2.. Ditunggu next blognya kak 🙂

  7. Iya nih aku tau soal paraben pas kemaren nemenin temen ku skripsi lagi bahas soal paraben . Ada beberapa paraben yang nggak berbahaya buat wajah tapi dengan kadar yang sedikit banget gak terlalu banyak kadar nya . Tapi ini sangat bermanfaat bangen tulisan nya . Aku jadi penasaran dan pengen lebih tau jenis lain nya haha …

  8. Alhamdulillah ya untung ikut ngopi cantik ini ya aul jadi kita tau mana yang fakta, mana yang mitos, mana yang cuma buat strategi marketing doang

  9. Aku pengen ikutan ini tapi tidak kebagian tempat ahaha. Tapi setauku kalau OTC cosmetics biasanya udah aman sih meskipun ada kandungan parabennya, karena banyak aturan yang harus diikuti. Kalau obat racik itu yang hm hm hmmm…

  10. Mia ini bebeb aku banget. Si dingin yang pinternya gk ketulungan. Kadang aku sering nanya banyak hal sama beliau

  11. Uchhh sayang banget waktu episode ngopi cantik bareng Beautiesquad ini aku gak ikutan, padahal menarik banget sih topiknya 😗

  12. Dulu aku juga termasuk anak yg percaya sama natural itu aman dan paraben bahaya. Setelah baca ini berasa dapet pencerahan banget, thank you yaa beb

  13. Thank you infonya Mba, aku juga setuju kok, karena takarannya juga pasti sudah diperhitungkan dengan baik, jadi ga selamanya berbahaya untuk kulit

  14. Iya, setauku Salicylic Acid (BHA) sebaiknya banget harus dihindari pemakaiannya sluntuk wanita yg hamil.

  15. Setuju banget sama kata kata diatas yg enggak semua yang natural itu aman dan ENGGAK SEMUA PRODUK SINTETIS/KIMIA BERBAHAYA. Kalo menurut aku pribadi si yg penting gak berlebihan dan sesuai standart dan aturan pasti bs dibilang aman.

  16. Pemikiran aku banget ni kalau produk natural pasti 100% aman, tapi produk yang aku pake juga belum sepenuhnya natural sih, apa aja masih aku cobain sekarang apalagi kalau mengenai Paraben aku masih nggak terlalu perduli, untuk produk-produknya yang penting hits atau baru pasti bawaannya mau coba

  17. Kirain apa yang aku kira itu fakta, ternyata banyak juga yg mitos.. dan yg aku kira fakta eh ternyata mitos. makasih loh kak infonya.

  18. Alhamdulillah kalau tentang paraben aku ga yg free paraben banget ya kalau pake produk karena sudah liat video liahyoo yang jelasin tentang paraben ini dan menurut aku aman saja hal ini seperti yg dikatakan liahyo.

  19. Paling sering aku denger tuh memang tentang paraben. Makanya dulu kalau liat ada praben, jadi mikir mikir deh buat beli 🙂

  20. Saya pun kalau denger “paraben jd agak khawatir mbak, Jd sebenarnya gak terlalu perlu khawatir karena sebetulnya kosmetika yg beredar di Indonesia yang memakai ini, kadarnya cuma dikit, gtu ya saya nangkapnya?

  21. Banyak teman-temanku yang takut pakai kosmetik mengandung paraben, lha kalau bahaya kan gak mungkin jadi bahan baku ya. kalau aku pribadi sih selagi jumlah kandungannya gak banyak, gak masalah. sejauh ini gak ngerasain efek sampingnya.

  22. Buatku paraben masih jadi topik yang menggantung au, banyak banget yang bilang ga baik, banyak juga yang bilang gapapa. karena aku ga ada basic soal science dll yang berhubungan sama paraben jadi bingung :’)

  23. Artikelnya berguna banget ya tentang mitos seputar kecantikan ini jadi lebih mengetahui jika hal yang selama ini produk yang digunakan itu ternyata malah gak baik untuk kulit kayak paraben ini

  24. wah ilmu banget ngunjungin blog nya mbak.
    aku nih salah satu orang yang sering beranggapan produk natural itu aman
    ternyata oh ternyata memang harus lebih teliti lagi ya

Leave a Reply