jakarta fair

Jakarta Fair, Di Mata Seorang Beauty Enthusiast

Hi semuanya, apa kabar? Aku harap semuanya dalam keadaan baik-baik saja ya. Sekarang aku enggak ngomongin skin care sama makeup, tapi masih ada hubungannya lah. Mari kita bahas belanja, kalo punya duit banyak siapa yang enggak demen belanja? Enggak ada!

Salah satu tempat atau acara atau pameran favorit dan selalu aku tunggu setiap tahun adalah, Jakarta Fair Kemayoran (atau dulu Pekan Raya Jakarta). Udah 4 tahun berturut-turut, aku rajin banget ke Jakarta Fair Kemayoran (JFK). Orang banyak banget yang nanya (atau ngomong),

“Ngapain sih ke PRJ (JFK) kan gitu-gitu doang, ya belanjanya juga itu itu aja,”

Dia enggak tau, untuk seorang Beauty Enthusiast kayak aku, dateng ke JFK adalah sebuah keharusan, karena walaupun memang tenant Beauty-nya enggak sebanyak pameran (beauty) lainnya, tapi promonya itu loh! Enggak ada yang bisa ngalahin JFK! Sumpah hahahhaa

Karena udah 4 tahun berturut-turut kesana, aku jadi hafal promo apa aja yang ada disana (udah kayak kuncen gue sis). Kalian banyangin aja ya, stand favorito aku itu Tony Moly, Hall D, disini diskonnya up to 70%.

jakarta fair

jakarta fair

Tiga tahun terakhir sistem promonya begini, kalau kalian beli satu, harga normal. Beli dua, diskon 10% per produk, beli tiga 50%, beli lima 70% per produk (persenan diskon dan per pcs barangnya aku lupa lupa inget, tapi sistemnya begini). Karena promonya stress, akhirnya aku beli banyak banget skin care disana (2 years straight wkwk) 5 item tony moly cuma habis Rp 200.000an. Puyeng enggak lu? Tapi kemaren aku tanya mbak SPGnya sepertinya sistem diskonnya ganti deh~

Itu baru tony moly yah, belum lagi The Body Shop. Diskonnya sama, up to 70% tapi semua baang yang di display sudah di diskon. Jadi kalian mesti hafal harga barang di toko, biar berasa (?). Standnya The Body Shop ini paling banyak diantara stand beauty lainnya, kayaknya dia setiap hall ada deh. Tapi yang paling gede Hall D. Standnya persis depan Tony Moly. Stand TBS di JFK kebanyakan menjual body care, parfum, skincare, makeup (yang ditulis pertama porsinya paling banyak). Jadi jangan niatkan beli makeup disini ya, karena stoknya sedikit banget.

jakarta fair jakarta fair jakarta fair

Yang paling memorable dari TBS adalah aku bisa dapetin parfumnya dengan harga mulai dari Rp 90rb-100rb saja. Kalau range harga yang aku sebutin ini, kamu harus pinter dan cepet-cepetan nyari, kalau kalian enggak nemu? Berarti udah habis hahahaha

Aku inget banget tahun kemarin temen aku nitip parfum yang aku beli hanya Rp 100.000.- skincare legend kaya tea tree juga pada di diskon dan diskonnya lumayan banget 10-20% gitu. Cocok deh!

Yang punya stand lebih dari satu bukan cuma TBS, Makarizo juga ada dua stand (atau lebih?) di tahun ini. Yang besar ada di Pusat Niaga, persis banget pintu masuk sebelah kanan. Dari tahun ke tahun, Makarizo nih menyediakan paket-paket hemat, yang emang beneran hemat dan good deal banget! Paketnya mulai dari Rp 100.000,- (isinya seabrek kok bukan cuma satu, dua biji)

jakarta fair

makarizo di jakarta fair

jakarta fair

Tahun lalu, Purbasari baru bergabung (cmiiw)tpi tahun kemaren ada di Hall E (gabung sama UKM daerah, deket elektronik & rumah hantu) tapi sekarang ada di pelataran Hall D (diluar). Seperti tahun lalu, Purbasari juga menjual paket-paketan yang beda beberapa ribu sama harga diluar, kalau engga salah sih bedanya Rp 5.000-Rp 20.000 aja per paketnya.

jakarta fair

Yang engga bisa ketinggalan ada juga QL Cosmetic, ada di Hall D. Satu lurusan sama stand tony moly tapi dibagian belakang, sebelah optik melawai. Tahun lalu, waktu lip cream QL belum muncul ke permukaan aku tahu duluan dari sini. Tahun ini ada promo Rp 100.000 dapet 3 dan banyak paket lain.

Tahun ini di Hall D, ada yang baru! Wet n Wild buka stand sendiri (enggak gabung sama matahari lagi) diskonnya lumayan. Dengan membeli minimal 3 item, kamu dapat diskon 40% per produk. Ada juga promo Buy 1 Get 1. Menarique bukan?

jakarta fair jakarta fair

Yang engga bisa kamu lupakan adalah bagian Matahari di Pusat Niaga. Disana juga banyak makeup kayak LA Girl, Maybelline, Loreal, Silky Girl. Aku engga terlalu hafal bagian ini, tapi yang aku ingat, stand LA Girl tahun lalu diskon 40% all item. Yang lain mirip-mirip diskonnya~

Aku enggak tahu tahun sekarang, apakah stand SARANGE masih ada, tapi yang aku ingat, tahun lalu stand ini memberikan diskon 40% juga. Which is jadinya lumayan banget karena taulah harga SARANGE berapa? Wkwk

(Baca juga:  Ngobrolin Infeksi Saluran Kemih Bersama Uricran)

Nah itu beberapa stand beauty yang aku ingat. Gatau stand lain (yang mungkin masih ada gimana promonya). Kalau tahun-tahun sebelumnya aku ke JFK tok belanja makeup skin care doang, sekarang enggak. Ternyata JFK 2018 ini banyak banget tempat baru yang menarik menariknya loh.

Sudah mulai dibuka sejak 23 Mei 2018 lalu, JFK akan buka sampi 1 Juli 2018. Sekarang di JFK ada wall of photo gitu, jadi sepanjang jalan isinya tempat dan background untuk foto. Misalnya ini nih,

jakarta fair

jakarta fair

jakarta fair

Kalau kalian lurus terus, disana ada Pasar Malam yang jual banyak makanan kaki lima dan yang lainnya. Lokasi ATM juga lebih banyak dibandingkan tahun kemarin, begitu juga musholla. Rumah hantu juga masih ada, waktu aku datang ada The Sacred Riana gitu. Banyak deh kalau kalian keliling JFK dari ujung sampe ujung bisa bengkak kaki, wong luasnya sampe 2 hektar (cmiiw).

jakarta fair jakarta fair

Kalau udah capek, lelah, emang enaknya makan ya? Atau minum-minum lucu. Nah stand makanan dari tahun ke tahun itu keliatan banget upgradenya. Jadi banyak banget stand produk minuman buat cafe yang instgramable banget, harganya murah lagi start form Rp 3.000,-

jakarta fair

Bukan cuma itu, jajanan kaya Shirokuma, Chattime, Dum Dum, Hip Hop, Samyang, Warmindo, ada loh di JFK. Buat yang suka ama Korea atau Kpop gitu, stand Korean Good and Fishery gitu juga ada, selain menjual bahan makanan atau minuman. Disini kamu bisa coba hanbok gratis sama foto-foto gitu. Di stand ini aku beli eomuk sama ttokboki.

jakarta fair

jakarta fair

jakarta fair

jakarta fair

Tips Belanja di Jakarta Fair

1. Datang saat weekday. Aku rasa kalian sudah tau alasannya, kalau kalian datang weekend atau tanggal merah. Ruameknya luar biasa, tapi kalau libur panjang kaya libur sekolah atau cuti lebaran kaya gini aku kurang tau juga sih. Yang pasti kalo rame kalian bakal agak susah bergerak dan kemungkinan hilang dan terpisah dari rombongan jadi lebih besar.

2. Ketahui lay out dan map JFK. Hal ini supaya kamu bisa mengirit waktu dan mengurangi rasa lelah, kalau kamu sotoy jalan sana sini sendiri, pasti capek banget. Seperti yang aku bilang, wilayah Jakarya International Expo ini luasnya 2 hektar, untuk dapetin map dan lay out kalian bisa dapetin di pintu masuk.

3. Tetapkan barang yang ingin kamu belanjakan. Hal ini juga bisa mengirit waktu kamu dan tentu kamu bisa menalolasi kan dana atau THR kamu dengan tepat, engga bochor kemana mana.

4. Siapkan uang cash. Engga semua stand punya mesin edc, makanya dari pada kamu jalan kesana kemari buat ambil uang di atm, belum ngantrinya, mending kamu siapkan dulu uang cash sebelum sampai JIEXPO.

jakarta fair

5. Download aplikasi Jakarta Fair di smartphone. Kenapa ini harus kamu lakukan? Di aplikasi ini, banyak banget voucher bertebaran beb. Dari gratis produk sampe voucher gratis tanpa pembelian minimal. Dan itu buanyak banget perhari. Bukan cuma voucher, kamu bisa mengetahui jadwal acara, sampi panggung musik di aplikasi ini.

About Jakarta Fair

Jakarta Fair merupakan ajang pameran terbesar, terlama dan terlengkap di kawasan Asia Tenggara. Tahun ini, JFK telah memasuki tahun ke-51 dan tahun ketiga alinya dilaksanakan saat Ramadhan dan Idul Fitri. JFK tahun ini sudah dimulai dari 23 Mei hingga 1 Juli 2018.

Jam Buka:

Senin – Kamis: 15.30  – 22.00 WIB

Jumat: 15.30  – 23.00 WIB

Weekend, Tanggal Merah atau Libur Nasional: 10.00 – 23.00 WIB

Bukan cuma tempat belanja dan kulineran ya, tapi di JFK dari tahun ke tahun juga ada panggung hiburan yang diisi sama artis nesional, udah gitu ada Grand Prize, serta pesta kembang api yang bakal dilakukan 4 kali selama JFK berlangsung, bahkan ada CSR dan donor darah loh!

Nah udah cukup panjang cerita aku mengenai JFK tahun ini, jadi dimana aku sebagai beauty enthusiast JFK bisa jadi pilihan kamu mengisi hari libur atau destinasi belanja. Tau dong disini banyak banget tenantnya? last but not least, aku mau share foto aku sama blogger lainnya waktu ke JFK hehe

 

jakarta fair

jakarta fair

thanks for reading

see you in my next post,

bye

 

 

Instagram : @awlrw

Facebook : Aulia Rizky Wijayanto

Email : ARizky78@gmail.com

2 Responses

Leave a Comment