infeksi saluran kemih

Ngobrolin Infeksi Saluran Kemih Bersama Uricran

Hai, aku sadar, sekarang aku udah jarang banget update blog atau Instagram. Sedih deh, bukan karena jadwal kerja yang padat, tapi lebih ke rasa mager yang menghantui. Faktor jadwal kerja padat mah faktor kesekian haha. Aku sekarang udah mau komit untuk rajin nulis lagi, nah kebetulan aku Sabtu kemarin ikutan acaranya Uricran dan Blogger Perempuan di Hotel Harris, Kelapa Gading.

Jadi, disana aku dapet banyak banget ilmu tentang kesehatan wanita. Aku merasa ini penting banget untuk kita ketahui dan penting orang banyak untuk tahu. Maka dari itu, aku mau share ilmu apa aja yang aku dapetin di sana.

Acara ngabuburit ini, diisi oleh dokter artis, yaitu dr. Boy Abidin, spOG atau kita sering melihat dia di dr.OZ Indonesia yang tayang di salah satu stasiun tv swasta. Pertama kali aku dateng ke acara ini, seperti ke acara-acara sebelumnya, aku foto-foto dulu hehe.

Nah acara mulai dengan pemanasan nih biar pada semangat dan enggak loyo dengerin materi yang diberikan. Setelah main beberapa games ringan dengan MC, perwakilan combiphar (cmiw: Manager Brand Activationnya) membuka acara.

infeksi saluran kemih

perwakilan combiphar

Ternyara Uricran bukan pertama kali membuat acara seperti ini, tapi banyak rangkaian acara dan campaign yang dilakukan demi membuat para wanita di Indonesia ini lebih aware sama risiko anyang-anyangan. Setelah beberapa aptah kata dari Ibu Managernya, datang lah dokter artis yang ditunggu-tunggu, yaitu dr. Boy Abidin, spOG dengan topik pembahasan “Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih Pada Wanita”.

//sebuah intermezzo: Aku enggak expect ternyata dokter Boy ini awet muda banget lho! Masalahnya anak pertamanya sudah kuliah semester dua di fakultas kedokteran juga. //

infeksi saluran kemih

dr. Boy Abidin

Di bawah ini aku akan menyimpulkan ilmu yang aku dapat dari dr. Boy Abidin kemarin ya,

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau anyang-anyangan terjadi karena adanya koloni kuman di saluran kemih. Penderita ISK ini biasanya dialami oleh wanita karena saluran pembuangan (kecil dan besar) pendek (jaraknya tidak jauh). Selain itu, keputihan juga bisa menjadi salah satu penyebab wanita mudah terkena ISK.

infeksi saluran kemih

source: commons.wikimedia.org

Mengapa? Karena kuman keputihan bisa menjalar ke saluran kemih sehingga kuman-kuman ini berkoloni dan mengganggu saluran kemih. Tapi, kebanyakan yang ditemui, biang ISK adalah kuman yang bernama E-Coli.

Nah perlu diketahui nih guys, ISK ini bukan cuma gangguan biasa yang bisa kamu biarin, kalau kamu biarin bisa bahaya. Masalahnya, anyang-anyangan juga bisa berulang karena beberapa alasan yang sama. Tingkatan ISK sendiri ada dua, ada ISK Bawah dan Atas, bedanya?

Bawah:

  • Buang air kecil lebih perih
  • BAB biasa dilakukan di malam hari
  • Tidak bisa menahan pipis
  • Serinig pipis di malam hari
  • Pipis tidak tuntas
  • Nyeri dibagian perut bawah

Atas:

  • Demam tinggi
  • Menggigil
  • Hilang nafsu makan
  • Mual
  • Muntah
  • Nyeri pada pinggang (ginjal)

Kalau kamu biarin kelamaan, bukan saluran kemih (yang notabenenya di bagian bawah) tapi keseluruhan tubuh kalian bisa kena dampaknya.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Suka bingung enggak sih, sama penyebab anyang-anyangan itu apa sih sebenarnya?  Kayaknya pola hidup udah bersih tapi kok bisa kena? Coba perhatikan deh, beberapa penyebab yang aku tangkap dari materi yang diberikan dr.Boy Abidin,

infeksi saluran kemih

source: rd.com

  1. Kurang minum air putih

Hayo, kalian udah ideak belum konsumsi air putihnya? Idealnya emang minum air putih sehari berapa? Kalau digeneralisasikan, minum air putih yang ideal dalam sehari adalah 2 liter atau 8 gelas perhari. Namun, karena 50% tubuh kita ini cairan, jadi kebutuhan air setiap orang bisa jadi berbeda-beda, tegantung kondisi tubuh dan aktivitas.

  1. Perjalanan jauh

Loh kok perjalanan jauh bisa jadi penyebab anyang-anyangan? Ternyata yang jadi penyebab utamanya bukan jalan-jalannya, tapi karena kebiasaan kita nahan pipis di jalan ketika perjalanan jauh.

Aku salah satu orang yang kaya begini nih, kalau jalan-jalan repot banget nyari toilet. Karena aku picky luar biasa. Kotor dikit enggak bisa, mending tahan dah. Kebiasaan ini nih yang bikin kamu rentan banget kena anyang-anyangan.

  1. Aktivitas seksual

Untuk yang udah menikah (atau kawin lebih tepatnya) kuman yang ada di kelamin pasangan kamu bisa aja berpindah ke vagina dan menjalar ke saluran kemih.

  1. Diabetes

Bisa tebak, kenapa orang yang mengidap diabetes ini rentan terkena infeksi saluran kemih? Jawabannya karena, orang diabetes kalau gulanya lagi naik lebih sering  pipis. Otomatis, kontak dia dengan toilet akan lebih sering. Ditambah lagi imunitasnya menurun, jadilah lebih gampang terkena anyang-anyangan.

infeksi saluran kemih

source: http://exerciseright.com.au

  1. Kehamilan

Wanita hamil sering terkena keputihan, seperti yang sudah kita bahas di atas, kalau kuman keputihan itu bisa jadi penyebab terjadinya infeksi saluran kemih.

  1. Menopause

Singkatnya, karena organ-organ intim orang yang usdah menopause itu berbeda dan lebih tipis serta rentan jadi risiko terkena anyang-anyangan lebih besar.

Walaupun aku belum hamil (belum nikah juga eh) tapi akum au kasih informasi yang amat sangat berharga ini sama kalian para calon ibu. Anyang-anyangan, kalau dibiarkan seperti yang aku bilang di atas, akan berbahaya, lebih-lebih lagi kalau dialami sama ibu hamil.

Infeksi Saluran Kemih pada ibu hamil akan memicu, kelahiran premature, bayi berat badan lahir rendah, preeklampsia (peningkatan tekanan darah yang akan menyebabkan kejang bahkan kematian), hipertensi, gagal ginjal, dan kematian janin.

Setelah kita memperbaiki kebiasaan minum air, tentu yang harus dibiasan adalah perihal kebersihan organ intim kita. Wanita dikaruniai bagian intin yamg memiliki tiga fungsi, yaitu menstruasi, reproduksi (melahirkan), dan seksual. Untuk itu kita sebagai wanita harus menjaganya dengan tepat.

infeksi saluran kemih

ilustrasdi, source: pexels

Cara yang tepat menjaga kebersihan orgam intin wanita itu bagaimana ya? Ini yang aku dapatkan dari dr. Boy Abidin kemarin,

  1. Gunakan toilet yang bersih dan kering.
  2. Pastikan air pembasuh bersih (disarankan gunakan air mengalir, bukan air yang sudah ditampung)
  3. Arah membasuh organ intim harus benar, yaitu dari bagian atas kebawah. Bukan sebaliknya
  4. Pastikan, setelah membasuh, organ intim kamu benar-benar kering.

Pencegahan Infeksi Saluran Kemih Bagaimana?

Nah untuk menyembuhkan atau menghindari gimana caranya? Salah satu bahan alami yang dikenal bagus dan efektif untuk memberantas kuman E-Coli penyebab anyang-anyangan adalah buah cranberry.

Buah cranberry ini bertugas untuk mengikat si kuman yang tugasnya menginfeksi saluran kemih kita. Jadi ketika ada ekstrak cranberry yang masuk, dia akan mengikat kuman E-Coli itu supaya jadi pasif. Sealin itu manfaat buah cranberry banyak, bisa menyehatkan jantung, mengandung 80% air dan 10% karbohidrat,

Selain itu, buah cranberry juga juga tidak menimbulkan resistensi alias kebal dengan doses tertentu, jadi beda jauh banget sama antibiotic. Kalau kita terus-terusan dikasih antibiotic, kita bakal kebal dan dosisnya pasti akan naik terus.

Kesimpulannya, agar tidak terkena anyang-anyangan atau bahkan infeksi saluran kemih berulang coba sara ini yuk untuk mencegahnya,

  1. Rajin minum air putih
  2. Menjaga kebersihan organ intim
  3. Hindari menahan pipis
  4. Bersihkan orgam intim dari atas ke bawah
  5. Gunakan pakaian dalam berbahan dasar katun agar pH stabil
  6. Mengkonsumsi cranberry

Dapetin Ekstrak Cranberry  Dimana?

infeksi saluran kemih

mencicipi uricran

Nah kalau kalian bingung mau beli buah cranberry dimana? Susah pula dapetinnya, mending kalian coba aja deh Uricran, aku pernah bahas tentang uricran loh di post sebelumnya. Karena vitamin ini mengandung ekstrak cranberry, rasanya asem-asem tapi nyegerin. Kalau kalian minum rutin, bagus untuk kesehatan tubuh kalian yang lain kok.

Dapetinnya juga mudah, kalian bisa beli di drugstore atau supermarket di sekitar kalian. Kalau kamu mau cari tahu tentang Uricran, kalian bisa kenalan dulu lewat sini

Uricran

Instagram: @uricran_id

Facebook: Prive Uricran

Setelah sesi dr. Boy selesai, kita foto-foto dlu sama dokternya, karena jadwal dokternya yang padat jadi kita harus segera foto hihi.

infeksi saluran kemih

waktu sudah mendekati buka puasa nih, jadinya ada ustad yang kultum sambil menunggu detik-detik waktu berbuka, bukanya asik banget dong pake makananya Harris Hotel, ta’jilnya ada banyak, makanannya juga banyak, alhasil pulang dari event kenyang hihi

acaranya seru banget dan ilmunya bener-bener worth to share. Semoga Uricran serig-sering bikin acara bagus kayak gini ya hihi 😀

 

thanks for reading

see you in my next post,

bye

 

 

Instagram : @awlrw

Facebook : Aulia Rizky Wijayanto

Email : ARizky78@gmail.com

One Response

Leave a Comment